ANALISIS TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI), INFLASI DAN NILAI KURS DOLLAR AS TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • Anita Herdini Universitas Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.57

Keywords:

Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Inflasi, Nilai Kurs Dollar AS, Harga Saham

Abstract

Perkembangan zaman saat ini, sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Dengan kemudahan teknologi pada era digitalisasi saat ini, berinvestasi di Pasar Modal yang semakin mudah untuk diakses oleh masyarakat. Di dalam pasar modal, investasi saham merupakan bentuk investasi yang paling diminati. Salah satu investasi saham yang memiliki risiko tinggi adalah investasi pada perusahaan perbankan. Seorang investor tentunya membutuhkan banyak informasi sebelum melakukan investasi. Informasi tersebut digunakan untuk menganalisis perusahaan mana yang sahamnya dapat menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI, Inflasi, dan Nilai Kurs Dollar AS terhadap Harga Saham perusahaan Bank BUMN yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.

Data diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan situs resmi Bank Indonesia dengan periode waktu tahun 2014 sampai 2018. Jumlah populasi penelitian ini adalah 6 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 4 perusahaan dengan melewati tahap purposive sampling. Teknik analisa yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Suku Bunga SBI, Inflasi, dan Nilai Kurs Dollar AS berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham pada perusahaan Bank BUMN. Hasil uji determinasi juga menunjukkan bahwa harga saham dipengaruhi oleh ketiga variabel yaitu Suku Bunga SBI, Inflasi, dan Nilai Kurs Dollar AS memiliki pengaruh sebesar 86%. Hasil penelitian ini diharapkan ketiga variabel tersebut dapat dijadikan pedoman, baik oleh pihak manajemen perusahaan dalam pengelolaan perusahaan, maupun oleh para investor dalam menentukan strategi investasi.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Herdini, A. ., Sudaryo, Y. ., & Sofiati (Efi), N. A. (2021). ANALISIS TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI), INFLASI DAN NILAI KURS DOLLAR AS TERHADAP HARGA SAHAM. Jurnal Indonesia Membangun, 20(03), 1–21. https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.57

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>