Analisis Komitmen Organisasi dan Disiplin Terhadap Motivasi Serta Impikasinya Pada Kinerja Pegawai Bank Bjb Kantor Wilayah 1

Authors

  • Dinar Rachmawati Universitas Indonesia Membangun
  • Gurawan Dayona Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.59

Keywords:

Komitmen Organisasi, Disiplin, Motivasi, Kinerja

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia menjadi sangat penting, karena kegiatan organisasi tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal tidak akan terselesaikan dengan baik. Yang terjadi di bank bjb Kantor Wilayah I kinerja pegawai belum optimal, banyak factor yang mempengaruhi kinerja tersebut salah satunya adalah motivasi. Alasan pegawai tidak termotivasi untuk bekerjapun ber macam-macam, diantaranya terkait dengan komitmen organisasi yang dihayati pegawai tersebut dan pelaksanaan disiplin kerja.

Tujuan Untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, disiplin kerja dan motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai Bank Bjb Kantor Wilayah 1. Landasan teori yang digunakan adalah komitmen dari Allen & Meyer, disiplin dari teori Cascio, motivasi kerja dari dari MC Clelland, dan kinerja berdasarkan KPI (Key performance Indikator) yang ada di bank bjb.

Subjek penelitian adalah pegawai bank bjb Kantor Wilayah I yang berjumlah 83 orang. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner komitmen organisasi (15 item), disiplin(15 item), motivasi (15 item) dan kinerja (15 item). Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis dengan analisis jalur. Hasil pengujian menunjukan bahwa kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 0,299, motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 0,491, komitmen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 0,242. Sedangkan kompetensi, motivasi dan komitmen berpengauh secara signifikan terhadap kinerja Fhitung 87,304 > Ftabel 2,680 ; H0 ditolak.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi, dan disiplin memberikana pengaruh pada motivasi, dan motivasi berpenagruh terhadap kinerja pegawai bank bjb Kantor Wilayah I.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Rachmawati, D. ., Dayona, G. ., & Sofiati (Efi), N. A. (2021). Analisis Komitmen Organisasi dan Disiplin Terhadap Motivasi Serta Impikasinya Pada Kinerja Pegawai Bank Bjb Kantor Wilayah 1. Jurnal Indonesia Membangun, 20(03), 43–66. https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.59

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>