ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN KERJA

Survey Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK

Authors

  • Edy Suhendi Hidayat Universitas Indonesia Membangun
  • Gurawan Dayona Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.61

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Karyawan

Abstract

Perkembangan bank sangat menjanjikan di industri keuangan menempati peran yang sangat penting dalam sektor ekonomi, terutama dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah semakin ketat persaingan antar bank, maka pelayanan yang bank berikan harus lebih optimal sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja pada PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.

Responden dalam penelitian ini adalah Seluruh Karyawan Di PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, jumlah responden 200 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sample yang disebut random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis struktural equation model (SEM) dengan bantuan program AMOS.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan, 2) Kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif terhadap pelayanan, 3) Kualitas pelayanan dan kepuasan karyawan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.

Peneliti disini melakukan penelitian Dengan peneliti lain pada bank - bank BUMN yang diantara nya Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN dengan batasan permasalahan

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Hidayat, E. S., Dayona, G. ., & Sofiati (Efi), N. A. (2021). ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN KERJA: Survey Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK. Jurnal Indonesia Membangun, 20(03), 102–145. https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.61

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>