PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018

Authors

  • Yuni Ahdiyani Universitas Indonesia Membangun
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun
  • Nunung Ayu Sofiati (Efi) Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jim.v21i01.78

Keywords:

Harga Saham, CR, DER, ROA, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan

Abstract

YUNI AHDIYANI. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2018).

Harga Saham merupakan nilai sekarang dari penghasilan yang diterima pemodal dimasa akan datang yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar modal. Dalam berinvestasi saham di pasar modal, yang perlu dilakukan investor adalah menganalisis harga saham. Salah satunya adalah melihat nilai CR, DER, ROA, Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan. CR, ROA, Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan yang tinggi mencerminkan perusahaan profitable dan memberikan sinyal positif pada investor untuk berinvestasi, sedangkan DER yang tinggi mencerminkan tingkat hutang perusahaan yang tinggi sehingga mengurangi minat investor berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi nilai CR, DER, ROA, Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil 17 sampel Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018 dengan metode Non Probability Sampling yaitu metoda purposive sampling.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial Pertumbuhan Laba tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan CR, DER, ROA, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.  

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Ahdiyani, Y. ., Sudaryo, Y. ., & Sofiati (Efi), N. A. (2022). PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR: Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018. Jurnal Indonesia Membangun, 21(01), 220–244. https://doi.org/10.56956/jim.v21i01.78

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>