Penyesuaian Diri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung Terhadap Lingkungan Baru (Pembelajaran Tatap Muka)

Authors

  • Bunga Alodia Isfara Universitas Muhammadiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.240

Keywords:

Self adjustment, Student, Face to face learning

Abstract

Setelah hampir dua tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online akibat pandemi covid-19, akhirnya pada pertengahan tahun 2021 pemerintah sudah memperbolehkan kembali kegiatan belajar mengajar dilakukan secara langsung atau tatap muka.  Para mahasiswa yang sudah terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh atau online yang dinilai lebih fleksibel akhirnya harus mulai bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di kampus. Dalam hal itu penelitian ini ingin melihat bagaimana skala yang dibuat dapat mengukur penyesuaian diri pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung terhadap pembelajaran tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data self-report measurement berbentuk kuesioner yang telah disusun ke dalam google form, disebarkan melalui media sosial. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung sebanyak 203 orang. Penelitian ini diperoleh 38 item yang menjadi item final. Dari kategori analisa menunjukkan bahwa Penyesuaian Diri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung terhadap Pembelajaran Tatap Muka  masuk ke dalam kategori sedang pada skor 143, dengan persentase 69,8%. Hasil yang diperoleh berdasarkan validitas outer loading dinyatakan semua item atau indikator telah valid secara validitas butir.

References

Anggraini, A., & Muntazhimah, M. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Madrasah Aliyah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2465. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4223

Darmayani, S., Rosanty, A., & Rahmayani, D. (2018). Gambaran Kadar Kolesterol Total pada Pecandu Kopi Kecamatan Poasia Kota Kendari. Health Information : Jurnal Penelitian, 10(1), 33–41. https://doi.org/10.36990/hijp.v10i1.122

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI di SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 32–43. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41668

Lutfianawati, D., Perwitaningrum, C. Y., & Kurnia, R. T. R. (2019). Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1411

Martha, F., & Ardi, Z. (2024). Hubungan Strategi Koping dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi. Masaliq, 4(5), 1063–1076. https://doi.org/10.58578/masaliq.v4i5.3765

Ramdani, Danny, M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Mutu Layanan Pendidikan. Indonesia Journal Of Education Management & Adminitrasion View, 1(3), 162–165. https://kumparan.com/alita-rifa-savira/pengaruh-sistem-informasi-manajemen-terhadap-perusahaan-1uppdD2eOkQ

Schneiders, A. A. 1964. Personal Adjustment and Mental Health. New York, Holt: Richard and Winston Inc

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Isfara, B. A. (2024). Penyesuaian Diri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung Terhadap Lingkungan Baru (Pembelajaran Tatap Muka). Inaba Journal Of Psychology, 2(2), 40–46. https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.240