Strategi Media Relations PT Persib Bandung Bermartabat
Studi Deskriptif Mengenai Strategi Media Relations PT Persib Bandung Bermartabat dalam Mengelola Publikasi di Media Massa
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i1.369Keywords:
humor, paradox, semiotics, sloganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan taktik pengelolaan relasi, pengembangan perencanaan, dan pengembangan jaringan dalam strategi media relations PT Persib Bandung Bermartabat sebagai perusahaan yang menaungi klub sepak bola profesional, Persib melalui divisi Corporate Communication sebagai upaya mengelola publikasi di media massa untuk mendapatkan image positif bagi perusahaan melalui pemberitaan positif di media massa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan penyajian data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan dalam taktik pengelolaan relasi, Corporate Communication Persib membangun komunikasi yang intensif dengan media melalui bentuk komunikasi formal dan informal. Seluruh staff of Corporate Communication Persib bertugas sebagai penulis untuk memenuhi seluruh kebutuhan penulisan. Sementara itu, juru bicara menjadi tanggung jawab head of Corporate Communication Persib dan koordinator media dijalankan oleh salah satu staff of Corporate Communication Persib dengan latar belakang wartawan. Corporate Communication Persib telah menyusun daftar media massa berdasarkan jenis khalayak, cakupan, dan level media. Pada taktik pengembangan perencanaan, tujuan aktivitas media relations ditentukan setiap musim pertandingan, namun tujuan utamanya tetap untuk meningkatkan kesadaran, mengubah sikap, dan mendorong tindakan publik terhadap perusahaan serta mendapatkan image positif perusahaan. Pada tahap pengelolaan relasi, Corporate Communication Persib menjaga komunikasi secara personal dengan organisasi profesi kehumasan dan organisasi kewartawanan PWI. Head of Corporate Communication Persib merupakan anggota dari PERHUMAS dan para staff merupakan anggota PWI. Meskipun begitu, belum ada komunikasi yang terjalin secara resmi antara Corporate Communication Persib dengan organisasi-organisasi profesi.
References
Bajari, A. (2017). Metode Penelitian Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajat.
Darmastuti, R. (2012). Media Relations : Konsep, Strategi, dan Aplikasi (B. Rini, Ed.). Andi Yogyakarta.
Iriantara, Y. (2019). Media Relations : Konsep, Pendekatan, dan Praktik Edisi Revisi (R. K. Soenandar, Ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Smith, A. C. T. (2008). Introduction to Sport Marketing Books in the Sport Management Series Sport and the Media Matthew Nicholson Sport Funding and Finance Managing People in Sport Organizations Introduction to Sport Marketing.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Pp. 218–219). Alfabeta Cv.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta Bandung.
Wardhani, D. (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Graha Ilmu.
Persib. (2023). Company Profile Persib.
Persib. (2024). Publicity Report Persib.
Perdana, Esa K. (2020). Manajemen Public Relations Pt. Persib Bandung Bermartabat Di Twitter Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Klub Sepakbola Persib Bandung. In Jurnal LINIMASA (Vol. 3, Issue 1).
https://finance.detik.com/read/2012/0 3/13/1
Ibrahim, T. (2021). Strategi Media Relations Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bandung Barat dalam Upaya Membangun Citra Lembaga.
Sabreyna, A., & Moertijoso, B. (2015). Strategi Media Relations Humas PT. Pelabuhan Indonesia III Dalam Handling Crisis Pemberitaan Media. Jurnal Komunikasi, IX.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahra Aristya, Susie Perbawasari, yustikasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.