Paradoks Dalam Slogan Warung Makan Bakso di Gegerkalong, Isola, Kota Bandung: Kajian Semiotika Pierce

Authors

  • Diah Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia https://orcid.org/0009-0005-6586-8665
  • Icha Nur Octavianissa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Rizqika Hermalia Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i1.390

Keywords:

humor, paradoks, semiotika, slogan

Abstract

Penggunaan slogan telah menjadi fenomena menarik dalam praktik bisnis di Indonesia. Slogan bisnis kuliner, "Makan yang Banyak, Biar Dietnya Kuat" menciptakan efek humor dan ironi yang menarik perhatian konsumen, sekaligus memperkuat citra usaha. Penelitian ini menganalisis paradoks dalam slogan warung makan bakso di Gegerkalong, Kota Bandung, menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk membedah makna paradoks dalam slogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor dan kontradiksi dalam slogan ini berfungsi untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan, membedakan warung dari kompetitor, dan meningkatkan daya ingat terhadap pelaku usaha. Temuan ini memberikan wawasan tentang adanya humor dan paradoks dalam membangun pesan pemasaran yang efektif dan relevan bagi konsumen.

References

Aldam, M. H. (2022). Proses Pembuatan Iklan Samsung A13 Di Mynd Studio.

Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce). Journal of Digital Communication Science, 1(2), 68–78. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217

Aryani, S., & Yuwita, M. R. (2023). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Simbol Rambu Lalu Lintas Dead End. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.34010/mhd.v3i1.7886

Palimbu, L. T. (2022). Pentingnya Pelaksanaan Strategi Pemasaran Terhadap Keunggulan Bisnis Makanan Online Di Nabire. Jurnal Sketsa, 15(1), 29-44. https://doi.org/10.62951/dinsos.v1i3.490

Permatasari, D., & Mustopa, A. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP RUBRIK IKLAN RUMAH MAKAN HARIAN KENDARI POS TERBITAN MEI 2019 – JUNI 2019. Cakarawala Listra: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, dan Budaya Indonesia. 3(1), 1-17. https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i1.1398

Pranoto, D. S. (2024). Menyelami Makna dan Filosofis Budaya Tumpeng sebagai Simbol Identitas Kearifan Lokal Bagi Masyarakat. Advances In Social Humanities Research, 2(3), 415-426. https://doi.org/10.46799/adv.v2i3.209

Piliang,YasrafdanAudifax.2018.KecerdasanSemiotik:MelampuiDialektikadanFenomena.Bandung:CantrikPustaka

Rahayu, I. S. (2021). Analisis kajian semiotika dalam puisi chairil anwar menggunakan teori Charles Sanders Pierce. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosida Karya.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Wulandari, D., Octavianissa, I. N., & Putri, A. R. H. (2025). Paradoks Dalam Slogan Warung Makan Bakso di Gegerkalong, Isola, Kota Bandung: Kajian Semiotika Pierce . Journal of Digital Communication Science, 3(1), 54–67. https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i1.390

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.