Paradoks Dalam Slogan Warung Makan Bakso di Gegerkalong, Isola, Kota Bandung: Kajian Semiotika Pierce
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i1.390Keywords:
humor, paradoks, semiotika, sloganAbstract
Penggunaan slogan telah menjadi fenomena menarik dalam praktik bisnis di Indonesia. Slogan bisnis kuliner, "Makan yang Banyak, Biar Dietnya Kuat" menciptakan efek humor dan ironi yang menarik perhatian konsumen, sekaligus memperkuat citra usaha. Penelitian ini menganalisis paradoks dalam slogan warung makan bakso di Gegerkalong, Kota Bandung, menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk membedah makna paradoks dalam slogan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor dan kontradiksi dalam slogan ini berfungsi untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan, membedakan warung dari kompetitor, dan meningkatkan daya ingat terhadap pelaku usaha. Temuan ini memberikan wawasan tentang adanya humor dan paradoks dalam membangun pesan pemasaran yang efektif dan relevan bagi konsumen.
References
Aldam, M. H. (2022). Proses Pembuatan Iklan Samsung A13 Di Mynd Studio.
Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce). Journal of Digital Communication Science, 1(2), 68–78. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217
Aryani, S., & Yuwita, M. R. (2023). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Simbol Rambu Lalu Lintas Dead End. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.34010/mhd.v3i1.7886
Palimbu, L. T. (2022). Pentingnya Pelaksanaan Strategi Pemasaran Terhadap Keunggulan Bisnis Makanan Online Di Nabire. Jurnal Sketsa, 15(1), 29-44. https://doi.org/10.62951/dinsos.v1i3.490
Permatasari, D., & Mustopa, A. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP RUBRIK IKLAN RUMAH MAKAN HARIAN KENDARI POS TERBITAN MEI 2019 – JUNI 2019. Cakarawala Listra: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, dan Budaya Indonesia. 3(1), 1-17. https://doi.org/10.33772/cakrawalalistra.v4i1.1398
Pranoto, D. S. (2024). Menyelami Makna dan Filosofis Budaya Tumpeng sebagai Simbol Identitas Kearifan Lokal Bagi Masyarakat. Advances In Social Humanities Research, 2(3), 415-426. https://doi.org/10.46799/adv.v2i3.209
Piliang,YasrafdanAudifax.2018.KecerdasanSemiotik:MelampuiDialektikadanFenomena.Bandung:CantrikPustaka
Rahayu, I. S. (2021). Analisis kajian semiotika dalam puisi chairil anwar menggunakan teori Charles Sanders Pierce. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).
Sobur, Alex. (2012). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosida Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Wulandari, Icha Nur Octavianissa, Annisa Rizqika Hermalia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.