Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Terhadap Logo Perusahaan Goto Indonesia

Authors

  • Raymond Clement Jaya Universitas Padjadjaran
  • Adinda Putri Aprilia Universitas Padjadjaran
  • Adisti Citra Ramdani Universitas Padjadjaran
  • Amyra Amalia Aqila Universitas Padjadjaran
  • Alyssa Azka Rinendaputri Universitas Padjadjaran
  • Karina Aulia Universitas Padjadjaran
  • Tasha Suciati Amanda Putri Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.238

Keywords:

Semiotika, Charles Sanders Peirce, Gojek, Tokopedia, GoTo

Abstract

Logo adalah suatu gambar, simbol, atau lambang yang memiliki arti dan makna tertentu yang mewakili suatu perusahaan, organisasi, lembaga, ataupun produk. Setiap logo tentu memiliki filosofi, dasar, serta tujuan mengenai terbuatnya logo tersebut. Mengingat hal tersebut, GoTo atau Gojek dan Tokopedia sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia juga turut menciptakan logo yang menjadi identitas perusahaannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengenal dan mengetahui makna, tanda, maupun simbol-simbol sekaligus mengetahui makna ikon, indeks, dan simbol yang ditemukan dalam logo perusahaan GoTo. Melalui analisis semiotika, peneliti menggunakan metode kualitatif interpretatif dengan teori analisis dari Charles Sanders Pierce atau “Grand Theory” yang bersifat menyeluruh, deskripsi struktural dari semua penandaan. Hasilnya, logo GoTo memiliki bentuk abstrak dan konkret yang terdiri dari Picture Marks dan Typographic Logo. Logo GoTo menggunakan dua warna yang nyaman dan tegas untuk dilihat, yakni warna hijau dan hitam, dengan arti pertumbuhan dan kesan formal yang elegan. Dapat diinterpretasikan, bahwa logo GoTo menggambarkan persatuan antar dua perusahaan yakni Gojek dan Tokopedia yang mampu membentuk pemikiran persatuan antara perbedaan namun tetap bisa bekerjasama untuk mencapai tujuan yang baik.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Jaya, R. . C., Aprilia, A. P., Ramdani, A. C., Aqila, A. A., Rinendaputri, A. A., Aulia, K., … Hafiar, H. (2024). Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Terhadap Logo Perusahaan Goto Indonesia. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 27–42. https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.238

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.