Analisis Semiotik Pada Iklan Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce)
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217Keywords:
Semiotika, Konstruksi, Baliho, BizhareAbstract
Penelitian ini menginterpretasi makna dari baliho Bizhare yang merupakan sebuah perusahaan fintech yang bergerak di bidang investasi bisnis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang mengklasifikasikan tanda menjadi tiga kelompok yaitu, ikon, indeks, dan simbol. Pada penelitian ini, penulis membahas elemen visual seperti gambar, warna, tulisan, dan simbol yang ditampilkan pada baliho kampanye “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” agar dapat mengetahui bagaimana elemen-elemen tersebut saling berinteraksi dan membentuk makna yang lebih kompleks. Adapun tanda-tanda yang ditemukan dalam poster, yaitu barcode, gambar handphone, gambar uang, tagar #TransparanBikinAman, tagar #PatunganAja, slogan “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???”, dan warna ungu sebagai dasar poster.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Digital Communication Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.