Analisis Semiotik Pada Iklan Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce)

Authors

  • Alifia Sabila Putri Universitas Padjadjaran
  • Anandia Danita
  • Aprillia Putri
  • Ardita Syalwa
  • Farley Rafa Aurellia
  • Kharisma Aulia
  • Khaza Sukma Sakinah
  • Nur Mizaniyah Putri

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217

Keywords:

Semiotika, Konstruksi, Baliho, Bizhare

Abstract

Penelitian ini menginterpretasi makna dari baliho Bizhare yang merupakan sebuah perusahaan fintech yang bergerak di bidang investasi bisnis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang mengklasifikasikan tanda menjadi tiga kelompok yaitu, ikon, indeks, dan simbol. Pada penelitian ini, penulis membahas elemen visual seperti gambar, warna, tulisan, dan simbol yang ditampilkan pada baliho kampanye “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” agar dapat mengetahui bagaimana elemen-elemen tersebut saling berinteraksi dan membentuk makna yang lebih kompleks. Adapun tanda-tanda yang ditemukan dalam poster, yaitu barcode, gambar handphone, gambar uang,  tagar #TransparanBikinAman, tagar #PatunganAja, slogan “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???”, dan warna ungu sebagai dasar poster.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Alifia Sabila Putri, Anandia Danita, Aprillia Putri, Ardita Syalwa, Farley Rafa Aurellia, Kharisma Aulia, … Nur Mizaniyah Putri. (2023). Analisis Semiotik Pada Iklan Baliho Bizhare “Yakin Mau Kerja Seumur Hidup???” (Analisis Semiotika Charles S. Pierce). Journal of Digital Communication Science, 1(2), 67–77. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.217

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.