Analisis Semiotik Atas Poster Brand Indomie “Flavor Of Love”
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.205Keywords:
Semiotika Roland Barthes, Indomie, Poster iklan, The Flavor of LoveAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol-simbol yang terdapat pada poster iklan Indomie “The Flavor of Love” dan mengetahui makna yang terdapat dibalik simbol tersebut. Iklan tidak hanya menyampaikan informasi yang berkaitan dengan produk yang bersangkutan, tetapi iklan juga berperan untuk mendorong dan membujuk konsumen agar ingin membeli produk. Pada produk terbaru Indomie yaitu varian Special Chicken dengan tajuk “The Flavor of Love”, Indomie memperkenalkan inovasi produk dengan menghadirkan rasa kaldu ayam spesial yang dilengkapi oleh bumbu pelengkap yang terbuat dari rempah-rempah Nusantara. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga simbol yang menjadi komponen utama pada poster iklan Indomie “The Flavor of Love”, Ayam dalam Gunungan Mie dengan taburan bumbu dapur, teks “Flavor of Love, dan teks “Indomie has come…and delicious flavor”. Dengan terdapat penggunaan warna coklat pada teks, warna hijau pada background, tipografi dengan jenis font sans serif, serta layout pada poster yang mendukung pemaknaan. Penggunaan komponen sangat mendukung poster untuk dapat menunjukan pesan yang dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Kesimpulan penelitian ini adalah poster memiliki simbol yang berbeda-beda, ketiga simbol tersebut memiliki makna yang merepresentasikan kesatuan pesan yang diperkuat dengan makna dalam penggunaan warna, tipografi, serta penempatan layout pada poster.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Digital Communication Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.