Strategi marketing public relations dinas kepemudaan olahraga pariwisata dan kebudayaan kabupaten purwakarta

Authors

  • Asep Supriyatna Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
  • susie perbawasari Program studi hubungan masyarakat fakultas ilmu komunikasi universitas padjadjaran
  • renata anisa Universitas padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.204

Keywords:

strategi marketing, public relations, pariwisata

Abstract

Pariwisata merupakan leading sector bagi Kabupaten Purwakarta, namun jumlah kunjungan wisatawan ke Purwakarta mengalami fluktuatif yang berdampak pada pariwisata Purwakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat mendorong, menarik dan membentuk citra positif pariwisata bagi wisatawan, namun belum mampu menstimulasi jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations Disporaparbud Kabupaten Purwakarta dalam menstimulasi jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Disporaparbud Kabupaten Purwakarta melakukan Push strategy melalui aktivitas yang di antaranya: pelatihan dan pembinaan, pameran dagang, penyediaan aplikasi digital, dan dukungan aspek perizinan. Pull strategy dilakukan melalui aktivitas yaitu: festival, pameran dagang, demonstrasi produk, media sosial, media cetak, media luar ruang, publikasi, penggunaan aplikasi digital, product placement, dan iklan. Pass strategy dilakukan melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat, sponsorship, pemberian bantuan dan penggunaan influencer. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu: dapat dilakukan pelatihan secara berkala, promosi kegiatan dan sosialisasi penggunaan aplikasi kepada pengelola wisata dan wisatawan, dapat melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai media untuk menarik wisatawan, menentukan target spesifik pada media yang digunakan, memperbanyak publikasi, sosialisasi media digital (aplikasi, marketplace, website), bekerja sama dengan influencer lain untuk menarik wisatawan lebih luas, dan mengoptimalkan penggunaan berbagai media. Selain itu, diharapkan dapat mengoptimalkan potensi desa-desa lainnya, melakukan branding pada produk ekonomi kreatif, berpartisipasi dalam kegiatan nasional maupun internasional dan melakukan kegiatan sosial yang tidak hanya terbatas pada momentum Pandemi Covid-19.

Author Biography

renata anisa, Universitas padjadjaran

faculty of communication science public relations program

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Supriyatna, A., susie perbawasari, & renata anisa. (2023). Strategi marketing public relations dinas kepemudaan olahraga pariwisata dan kebudayaan kabupaten purwakarta. Journal of Digital Communication Science, 1(2), 78–90. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.204