Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Baju Preloved Di Akun Instagram @Prelovedbyifaa

Authors

  • Aisya Fauziah Sutisna Universitas Indonesia Membangun
  • Detya Wiryany Universitas Indonesia Membangun
  • Ahmad Taufiq Maulana Ramdan Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.452

Keywords:

komunikasi persuasif, kepercayaan konsumen, produk preloved

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan media sosial mengubah pola interaksi dan transaksi masyarakat, termasuk dalam tren penjualan produk preloved yang dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan. Namun, kepercayaan konsumen terhadap produk bekas masih menjadi tantangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif akun Instagram @prelovedbyifaa dalam membangun kepercayaan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang jujur, personal, dan transparan, serta pemanfaatan fitur interaktif seperti story,live streaming, dan konten visual menarik, mampu menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen. Strategi ini berhasil membentuk citra positif, mengatasi stigma negatif terhadap barang preloved, dan meningkatkan loyalitas konsumen dalam ekosistem jual beli daring.

References

Banamtuan, I. O., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Barang dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Preloved dalam Media Sosial Facebook di Batam. eCo-Buss, 5(3). https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/6939

Efrianti, E., & others. (2020). Preloved Shopping: Studi Tentang Aktivitas Jual Beli Barang Bekas di Media Instagram. Universitas Hasanuddin.

Fadillah, M. R., Cindrakasih, R. R., & Fitri, S. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Di Akun Instagram @sanaturelofficial Dalam Meningkatkan Minat Beli. JIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1). https://jurnal.alungcipta.com/index.php/JIM

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif pada Penelitian E-Commerce di Era Digital. medium, 9(1). https://www.apijii.or.id

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7(1). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/1528/1501

Paramita, E. P., Yoniartini, D. M., & Utama, I. M. P. (2022). Analisis Kalimat Persuasif d Media Sosial Instagram (IG. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 11. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6939

Prayoga, B., Wiryany, D., & Poedjadi, M. R. (2023). Analysis of Social Media Marketing (SMMas) Strategy in Increasing Brand Awareness and Consumer Purchase Intentions. Journal of Business and Management Studies, 5(4), 110–115. https://doi.org/10.32996/jbms

Rahmawati. (2023). Strategi Advokasi Penanggulangan Hiv/Aids Bagi Kelompok Waria Di Jakarta Timur (Studi Kasus Yayasan Srikandi Sejati) [Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif~…]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73393/1/RAHMAWATI-FDK.pdf

Ramdan, A. T. M., Tawaqal, R. S., & Meltareza, R. (2022). The Role of Digital Marketing Communication of Aromatherapy Alternative Medicine in Increasing Consumer Confidence. Journal of Business and Management Inaba, 1(2). https://journals.inaba.ac.id/index.php/jbmi/article/view/117/119

Rohman, S. N., Prihandoyo, W. B., & Suryani, N. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Admin Online Untuk Menarik Minat Pembeli Di Toko Online Samudracomp. SADHARANANIKARANA, 6(2). https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/SN

Safitri, D., & Maulana, A. T. R. (2025). Komunikasi Pemasaran Digital untuk Membangun Citra dan Daya Tarik Desa Wisata Mekarlaksana Cikancung Kabupaten Bandung. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5917

Surya Tawaqal, R., Taufiq, A., Ramdan, M., & Silviany, A. E. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Humas Jabar dalam Penyampaian Informasi di Era Digital. JIKA, 11(2), 67–77. https://doi.org/10.31294/jika

Wiryany, D., Poedjadi, M. R., & Rahmawati, I. (2023). Digital Marketing and Social Media as a Strategy to Increase Brand Awareness: Case Study Increasing the Number of Students on Brand Awareness in Social Media and Digital Marketing Activities in Higher Education X. Journal of Business and Management Studies, 5, 116–122. https://doi.org/10.32996/jbms

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Sutisna, A. F., Wiryany, D., & Ramdan, A. T. M. (2025). Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Baju Preloved Di Akun Instagram @Prelovedbyifaa. Journal of Digital Communication Science, 3(2), 79–89. https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.452

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)