Pengaruh Gaya Komunikasi Kasir Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Di Transmart Buah Batu

Authors

  • Yohanes Gerardus Hadu Pantur Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.490

Keywords:

Gaya Komunikasi, Kasir, Pembelian Impulsif

Abstract

Pertumbuhan industri ritel di Indonesia memicu perubahan perilaku belanja konsumen, khususnya dalam konteks pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya komunikasi interpersonal kasir terhadap keputusan pembelian impulsif konsumen di Transmart Buah Batu. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain kausal-komparatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik purposive sampling terhadap 30 responden. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya komunikasi kasir, baik verbal maupun nonverbal, memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menegaskan relevansi teori Stimulus-Response (S-R) dalam menjelaskan hubungan antara rangsangan sosial (gaya komunikasi) dan respons perilaku (pembelian impulsif). Temuan ini memiliki implikasi teoretis dalam pengembangan studi komunikasi dan praktis bagi manajemen ritel dalam strategi peningkatan penjualan.

References

Afif, M., Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis (JAMIN).2(2). 34-52. http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Darmawan, D., & Gatheru, J. (2021). Understanding Impulsive Buying Behavior in Marketplace. In Journal of Social Science Studies (Vol. 1, Issue 1).

Ekonomi, F., Salim, A., & Fermayani, R. (n.d.). PENGARUH POTONGAN HARGA, PROMOSI PENJUALAN, TAMPILAN DALAM TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN MATAHARI DEPARTEMENT STORE PADANG. https://www.matahari.com.

Novia, O. :, Politeknik, H., & Bandung, N. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. In Jurnal Bisnis dan Investasi (Vol. 2, Issue 3).

Salam, R. (n.d.). Universitas Sumatera Utara Repositori Institusi USU https://repositori.usu.ac.id Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank X. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/105600

Wulandari, D., Yunita, H., Anwar, T., Julianti, U., & Lubis, A. F. (2025). VARIASI BAHASA DAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI KASIR DAN PEMBELI : TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK DI TOKO PENCILS LINE BSD (Vol. 6, Issue 3). https://ijurnal.com/1/index.php/jkp

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pantur, Y. G. H. (2025). Pengaruh Gaya Komunikasi Kasir Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Di Transmart Buah Batu. Journal of Digital Communication Science, 3(2), 124–137. https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.490

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.