Analisis Sentimen Terhadap Brand Daihatsu Berdasarkan Pemberitaan Online pada Maret 2023

Authors

  • Delia Nurusyifa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran
  • Centurion Chandratama Priyatna Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.275

Keywords:

Brand24, Media Monitoring, Sentimen Positif

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia industri, membuat persaingan antar pelaku usaha semakin ketat. Tak terkecuali pada industri otomotif yang pertumbuhannya meningkat secara signifikan pada tahun 2022 yang dengan pertumbuhan 14,20% di TW I , TW II 2022 sebesar 7,35%, dan TW III 2022 sebesar 10,26% (Gaikindo, 2022). Daihatsu merupakan salah satu perusahaan otomotif dengan kapasitas produksi terbesar dan terkenal di Indonesia yang dibuktikan dengan kemampuannya dalam mempertahankan posisi nomor 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. Hal tersebut membuat Daihatsu menjadi salah satu brand otomotif yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat dan diberitakan di media massa khususnya pada media online, sehingga diperlukan kegiatan media monitoring guna melacak dan memantau sentimen masyarakat terhadap merek dan produk Daihatsu di media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif jenis netnografi dengan mengumpulkan data yang dihimpun melalui media monitoring tools Brand24. Hasil dari analisis selama bulan Maret 2023 menunjukkan bahwa penyebutan kata Daihatsu didominasi dengan sentimen netral dengan jumlah 1654 berita, disusul dengan pemberitaan dengan sentimen positif sebanyak 114 berita dan terakhir sentimen negatif sebanyak 6 berita. Angka tersebut sudah termasuk cukup aman untuk kestabilan reputasi dan citra merek dari Daihatsu karena tidak ada pemberitaan negatif yang berpotensi menjadi sebuah krisis besar bagi Daihatsu pada periode selanjutnya

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Nurusyifa, D., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Brand Daihatsu Berdasarkan Pemberitaan Online pada Maret 2023. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.275

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.