Analisis Media Monitoring Brand Nokia pada Era Disrupsi melalui Pemantauan Brand24

Authors

  • Sri Mega Mustikawati Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Centurion Chandratama Priyatna Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.271

Keywords:

Media Monitoring, Nokia, Brand24

Abstract

Era disrupsi bergerak sangat cepat dan mempengaruhi seluruh tatanan fundamental manusia, salah satunya pada perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Fenomena ini tidak dapat dihindari, melainkan perlu adanya adaptasi yang tepat pada setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi. Nokia adalah salah satu perusahaan yang pernah mendominasi pasar pada awal tahun 2000-an, namun sayangnya Nokia tidak dapat mempertahankan daya saingnya untuk waktu yang lama karena kegagalan mereka dalam menghadapi era disrupsi. Kondisi tersebut membuat Nokia berusaha untuk bisa bertahan dan meningkatkan eksistensinya sebagai brand smartphone di tengah gempuran kompetitornya. Hal tersebut mendorong pelaksanaan media monitoring, guna memantau pemberitaan dan insights brand Nokia pada media online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan media monitoring analytical tools, Brand24. Data yang dihimpun pada Brand24 adalah data pada media online dengan segmentasi lini masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nokia memiliki berbagai pemberitaan dengan dominasi berita bersentimen positif dan menunjukkan jumlah insights dari setiap penyebutan pada media online yang beragam.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Mustikawati, S. M., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisis Media Monitoring Brand Nokia pada Era Disrupsi melalui Pemantauan Brand24. Journal of Digital Communication Science, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i1.271

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)