Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kahf melalui Tools Brand24 Pada Bulan Desember 2024
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v2i2.398Keywords:
media monitoring, brand24, kahfAbstract
Saat ini perawatan kulit atau yang biasa dikenal dengan skincare tidak hanya digunakan oleh wanita, namun juga pria. Tren penggunaan skincare oleh pria menjadi faktor pendukung naiknya tingkat konsumsi skincare di Indonesia. Menyadari hal tersebut, maka banyak perusahaan yang mulai memproduksi skincare khusus untuk pria. Salah satunya yaitu PT Paragon Technology and Innovation yang menciptakan brand Kahf untuk menjawab permasalahan kulit khusus pria. Seiring berjalannya waktu, Kahf semakin populer di kalangan pria sehingga menyebabkan penjualan produk Kahf juga semakin meningkat. Hal tersebut mendorong perlu adanya media monitoring sebagai bentuk usaha pelacakan dan pemantauan insight brand dan produk Kahf di internet. Media monitoring atau yang dikenal juga dengan pemantauan media digunakan sebagai acuan untuk melakukan treatment terhadap media di masa mendatang dan sebagai cara untuk pengambilan keputusan atau kebijakan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berjenis netnografi yaitu dengan menggunakan brand24 sebagai media monitoring tools yang dapat mengumpulkan data berbasis segmentasi lini masa. Dalam penelitian ini, peneliti memanfaatkan tools brand24 untuk melihat dan mengetahui sentimen positif, jumlah mention and reach brand Kahf serta produk Kahf yang paling banyak diberitakan pada bulan Desember 2024
References
Abrar, M. F., & Priyatna, C. C. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Analisis Media Monitoring Pasca Dua Minggu Perilisan Chery Omoda E5 pada Bulan Februari – Maret 2024 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(4), 134–138.
Adriani, I., Patriani, T., & Purnamasari, O. (2023). Strategi Media Monitoring Pt. Kinanti Strategi Utama Dalam andling Krisis Pemberitaan Media. Intercode, 03(01), 18–29.
Amalia, R. Z., & Astuti, D. R. (2024). Aktivitas Media Monitoring pada Media Online oleh PT Phapros Tbk. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 6(4), 367–382. https://doi.org/10.15575/reputation.v6i4.20602
Angelia, Diva. (2022). Bagaimana Persepsi Laki-Laki Indonesia terhadap Skincare? Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/persepsi-laki-laki-indonesia-terhadap-skincare-Dn1Nq
Aurelia, R.N., Priyatna, C.C., & Hafiar, Hanny. (2024). Tinjauan Brand Monitoring terhadap Pemberitaan Motor Listrik Brand Alva. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(2), 70–83. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v2i2.3051
Gunawan, A. I. dan Renata Anisa. 2020. Kegiatan Monitoring Humas Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No. 2
Kozinets, R. V. (2015). Management Netnography: Axiological and Methodological Developments in Online Cultural Business Research. The SAGE Handbook of Qualitative Business and Management Research Methods, London: SAGE, November. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3029.4487
Rahmadani, T. (2022). Aktivitas Pemantauan Pemberitaan ( Media Monitoring ) Dari Media Massa Oleh Humas Direktorat Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian Di Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Saputra, A. B., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). The Influence Of Brand Image And Brand Awareness On Purchase Decisions At Tokopedia Market Place On Kahf Skincare Products Among Gen Z. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4221–4234.
Wiwaha, R. P. (2022). 10 Top Brand Pembersih Wajah Pria Terlaris di E-Commerce Tahun 2022, Siap Bikin Wajah jadi Glowing! Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/pembersih-wajah-pria/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.