Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk “Direct Selling” PT Agro Jabar

Authors

  • Aldi Ramadan Universitas Indonesia Membangun
  • David Al Baqi Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.223

Keywords:

penjualan langsung, strategi komunikasi, pemasaran

Abstract

Pemerintah mendirikan PT. Agro Jabar lembaga yang fokus dalam mengelola dan mengembangkan sektor agro dan menjalankan berbagai kegiatan agrobisnis. Penerapan strategi Direct Selling di PT Agro Jabar, Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui strategi yang telah di terapkan oleh PT Agro Jabar. Penelitian ini menggunakan metode model studi kasus, , Yin (2009) menjelaskan bahwa metode penelitian studi kasus merupakan strategi yang sempurna untuk dipergunakan dalam penelitian yg menggunakan pokok pertanyaan penelitian how atau why, sedikit ketika yang dimiliki peneliti buat mengontrol peristiwa yg diteliti, dan  penekanan penelitiannya ialah fenomena pada masa ini, buat melacak insiden pada masa ini. di metode studi kasus, peneliti focus pada desain serta pelaksanaan penelitian. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme, paradigma konstruktivisme merupakan paradigma yang menganggap bahwa realitas sosial bersifat relative. Metode Direct Selling yang diterapkan PT Agro jabar, baik melalui pertemuan langsung maupun melalui media sosial, telah terbukti efektif dalam menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran. Keuntungan dari Direct Selling adalah biaya yang lebih rendah dan keterlibatan sumber daya manusia. Interaksi langsung dengan konsumen memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan feedback langsung, memahami kebutuhan konsumen dengan baik, dan menyesuaikan penawaran sesuai dengan kondisi yang ada. Strategi komunikasi dan pemasaran Direct Selling diterapkan oleh PT Agro Jabar untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Memahami kebutuhan mereka, dan meningkatkan penjualan produk serta menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Penerapan strategi komunikasi dan pemasaran Direct Selling di lapangan melibatkan berbagai metode, seperti presentasi langsung, pemanfaatan jejaring pribadi/relasi, demonstrasi produk, tawaran spesial dan diskon, serta dukungan terhadap tempat-tempat penjualan lainnya.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Ramadan, A., & Baqi, D. A. (2023). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk “Direct Selling” PT Agro Jabar. Journal of Digital Communication Science, 1(2), 91–107. https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i2.223