Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Baju Preloved Di Akun Instagram @Prelovedbyifaa
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.452Keywords:
komunikasi persuasif, kepercayaan konsumen, produk prelovedAbstract
Perkembangan teknologi digital dan media sosial mengubah pola interaksi dan transaksi masyarakat, termasuk dalam tren penjualan produk preloved yang dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan. Namun, kepercayaan konsumen terhadap produk bekas masih menjadi tantangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif akun Instagram @prelovedbyifaa dalam membangun kepercayaan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang jujur, personal, dan transparan, serta pemanfaatan fitur interaktif seperti story,live streaming, dan konten visual menarik, mampu menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen. Strategi ini berhasil membentuk citra positif, mengatasi stigma negatif terhadap barang preloved, dan meningkatkan loyalitas konsumen dalam ekosistem jual beli daring.
References
Banamtuan, I. O., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Barang dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Preloved dalam Media Sosial Facebook di Batam. eCo-Buss, 5(3). https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/6939
Efrianti, E., & others. (2020). Preloved Shopping: Studi Tentang Aktivitas Jual Beli Barang Bekas di Media Instagram. Universitas Hasanuddin.
Fadillah, M. R., Cindrakasih, R. R., & Fitri, S. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Di Akun Instagram @sanaturelofficial Dalam Meningkatkan Minat Beli. JIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1). https://jurnal.alungcipta.com/index.php/JIM
Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif pada Penelitian E-Commerce di Era Digital. medium, 9(1). https://www.apijii.or.id
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7(1). https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/1528/1501
Paramita, E. P., Yoniartini, D. M., & Utama, I. M. P. (2022). Analisis Kalimat Persuasif d Media Sosial Instagram (IG. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 11. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6939
Prayoga, B., Wiryany, D., & Poedjadi, M. R. (2023). Analysis of Social Media Marketing (SMMas) Strategy in Increasing Brand Awareness and Consumer Purchase Intentions. Journal of Business and Management Studies, 5(4), 110–115. https://doi.org/10.32996/jbms
Rahmawati. (2023). Strategi Advokasi Penanggulangan Hiv/Aids Bagi Kelompok Waria Di Jakarta Timur (Studi Kasus Yayasan Srikandi Sejati) [Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif~…]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73393/1/RAHMAWATI-FDK.pdf
Ramdan, A. T. M., Tawaqal, R. S., & Meltareza, R. (2022). The Role of Digital Marketing Communication of Aromatherapy Alternative Medicine in Increasing Consumer Confidence. Journal of Business and Management Inaba, 1(2). https://journals.inaba.ac.id/index.php/jbmi/article/view/117/119
Rohman, S. N., Prihandoyo, W. B., & Suryani, N. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Admin Online Untuk Menarik Minat Pembeli Di Toko Online Samudracomp. SADHARANANIKARANA, 6(2). https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/SN
Safitri, D., & Maulana, A. T. R. (2025). Komunikasi Pemasaran Digital untuk Membangun Citra dan Daya Tarik Desa Wisata Mekarlaksana Cikancung Kabupaten Bandung. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.51544/jlmk.v9i1.5917
Surya Tawaqal, R., Taufiq, A., Ramdan, M., & Silviany, A. E. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Humas Jabar dalam Penyampaian Informasi di Era Digital. JIKA, 11(2), 67–77. https://doi.org/10.31294/jika
Wiryany, D., Poedjadi, M. R., & Rahmawati, I. (2023). Digital Marketing and Social Media as a Strategy to Increase Brand Awareness: Case Study Increasing the Number of Students on Brand Awareness in Social Media and Digital Marketing Activities in Higher Education X. Journal of Business and Management Studies, 5, 116–122. https://doi.org/10.32996/jbms
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisya Fauziah Sutisna, Detya Wiryany, Ahmad Taufiq Maulana Ramdan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.