PENERAPAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK PENILAIAN KUALITAS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI JAKARTA

Authors

  • Dany Yudha Krisna Universitas Indonesia Membangun
  • Rini Sulistiyowati Universitas Indonesia Membangun
  • Badriyatul Hasanah Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jiki.v17i2.243

Keywords:

End User Computing Satisfaction, User Satisfaction, Sistem Informasi

Abstract

ABSTRAK
Kepuasan pengguna sistem informasi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh pemilik
sistem informasi untuk menentukan kelayakan dan kesuksesan penerapan sistem informasi yang
dimilikinya. Pengguna aplikasi memiliki peran penting dalam menentukan kelayakan sebuah aplikasi
berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang dirasakan pengguna dalam memakai aplikasi tersebut. Salah
satu aplikasi sistem informasi yang sering digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan di masa
sekarang adalah E-commerce. Penelitian ini akan menilai kepuasan pengguna aplikasi Tokopedia yang
merupakan salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia.
Indikator penilaian kepuasan pengguna dalam penelitian ini mengacu pada metode analisis tingkat
kepuasan pengguna “End User Computing Satisfaction” yang terdiri dari dimensi content, accuracy,
format, ease of use dan timeliness yang masing-masing dimensi tersebut akan diuji kaitannya dengan
kepuasan pengguna atau user satisfaction pengguna aplikasi Tokopedia. Penelitian ini difokuskan pada
pengguna aplikasi Tokopedia di wilayah kota Jakarta yang menggunakan Tokopedia untuk melakukan
transaksi pembelian barang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis verifikatif.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan jumlah minimal sampel untuk populasi yang tidak diketahui
yaitu sebanyak 96 responden dengan alat analisis menggunakan program software SPSS versi 22. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel Content, Accuracy, Ease of Use, dan Timeliness memiliki
pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel Format memiliki pengaruh positif tetapi tidak
signifikan. Serta secara simultan content, accuracy, format, ease of use dan timeliness berpengaruh
positif terhadap user satisfaction sebesar 73% dan sisanya sebesar 27% dipengaruhi faktor lain diluar
penelitian.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dany Yudha Krisna, Rini Sulistiyowati, & Badriyatul Hasanah. (2023). PENERAPAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK PENILAIAN KUALITAS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI JAKARTA . Jurnal Informatika Dan Komputasi: Media Bahasan, Analisa Dan Aplikasi, 17(2), 68–80. https://doi.org/10.56956/jiki.v17i2.243

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.