Efektivitas Penggunaan ChatGPT dalam Mendukung Pengajaran di PAUD Sirojan Muniro

Authors

  • Imam Himawan Unindra
  • Aminah Unindra
  • Khusnul Khotimah Unindra
  • Hanasa Shelviani Unindra

DOI:

https://doi.org/10.56956/jiki.v19i2.519

Keywords:

Pemanfaatan Chat GPT, Konfigurasi Chat GPT, Menggunakanya Chat GPT

Abstract

Bidang informasi dalam tahun ini penuh dengan kejutan terutama dalam hal penggunaanya begitu mudah, interakasi manusia terhadap komputer begitu banyak kegiatan yang terselesaikan dengan cepat dalam menunjang pekerjaan konvensional dan non konvensional. Penelitian kali ini penulis mengobservasi terhadap guru-guru sejauh mana pemahaman teknologi Chat GPT dalam menunjang proses pemetaan pembuatan bahan ajar materi yang dibuat dengan Chat GPT. Metode Grounded Research dan teknik pengumpulan data dengan studi lapangan melalui pengamatan langsung dan wawancara, dengan penanggung jawab sekaligus pembina PAUD  sirojan muniro. Hasil pengujian menunjukan bahwa penggunaan Chat GPT dalam prosesnya semua guru PAUD memahaminya dengan baik, selanjutnya pemahaman dapat dikembangkan dalam pembahasan mengenai promt sebagai mesin pencari yang lebih luas agar kata kunci yang digunakan untuk mencari referensi sesuai dengan topik yang diinginkan tepat sasaran dan dapat membuat formula informasi sebagai bahan ajar yang terkini sesuai dengan informasi. Dalam validasi penulis memberikan link sebaran media google form terhadap guru untuk mengisi soal yang tersedia dalam hasilnya semua guru dapat mendgadopsi sumber tambahan sebagai pemahan seorang guru paud dalam menangani seorang anak terhadap ruang lingkup kemampuan motorik, emosional dan  kreativitas. Sebagai alat bantu penunjang kebutuhan informasi untuk pengambangan agar lebih baik.

Downloads

Published

2025-11-10

How to Cite

Himawan, I., Aminah, Khusnul Khotimah, & Hanasa Shelviani. (2025). Efektivitas Penggunaan ChatGPT dalam Mendukung Pengajaran di PAUD Sirojan Muniro. Jurnal Informatika Dan Komputasi: Media Bahasan, Analisa Dan Aplikasi, 19(2), 79–85. https://doi.org/10.56956/jiki.v19i2.519