PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK DIGITAL
STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK DIGITAL INSTITUT TEKNOLOGI - PLN
DOI:
https://doi.org/10.56956/jiki.v15i01.82Keywords:
Marker Based Tracking, Augmented Reality, Teknik Digital, Media PembelajaranAbstract
Media pembelajaran adalah perangkat yang berisi materi pembelajaran dan disampaikan kepada pelajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Teknik digital adalah salah satu mata kuliah di IT[1]PLN yang melaksanakan kegiatan praktikum di Laboratorium Teknisi Digital. Praktikum diselenggarakan menggunakan modul praktikum dan peralatan yang tersedia di laboratorium. Peralatan yang digunakan di laboratorium saat ini sudah mulai usang dan sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan. Selain itu kondisi pandemi COVID-19 tidak memungkinkan bagi laboratorium untuk menyelenggarakan kegiatan praktikum secara tatap muka dan menggantinya dengan praktikum daring menggunakan software khusus, hal ini dapat menyebabkan praktikan kurang memahami materi praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi augmented reality berbasis Android yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pendukung praktikum daring. Metode yang digunakan adalah Marker Based Tracking dengan memanfaatkan 18 gambar rangkaian yang tersedia dalam modul praktikum sebagai gambar target untuk menampilkan dan menyimulasikan objek tiga dimensi. Aplikasi yang telah dibuat berhasil menampilkan dan menyimulasikan 18 objek tiga diimensi. Hasil pengujian menunjukkan rata-rata jarak kamera dengan gambar target adalah 23,17 cm agar aplikasi dapat menampilkan objek secara akurat.