ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN KERJA
Survey Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK
DOI:
https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.61Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas KaryawanAbstract
Perkembangan bank sangat menjanjikan di industri keuangan menempati peran yang sangat penting dalam sektor ekonomi, terutama dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah semakin ketat persaingan antar bank, maka pelayanan yang bank berikan harus lebih optimal sehingga perusahaan mampu memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja pada PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.
Responden dalam penelitian ini adalah Seluruh Karyawan Di PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, jumlah responden 200 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sample yang disebut random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis struktural equation model (SEM) dengan bantuan program AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gaya Kepemimpinan dan Kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan, 2) Kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif terhadap pelayanan, 3) Kualitas pelayanan dan kepuasan karyawan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.
Peneliti disini melakukan penelitian Dengan peneliti lain pada bank - bank BUMN yang diantara nya Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN dengan batasan permasalahan