Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Lazada

Authors

  • Rizal Triady Universitas Indonesia Membangun
  • Arie Hendra Saputro Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v1i2.382

Keywords:

Kualitas Produk, Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang sangat cepat mempengaruhi berbagai sektor yang ada di Indonesia. Kecepatan penyebaran informasi dan kemudahan komunikasi juga berdampak besar bagi dunia ekonomi, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana mereka berhuhungan dan lebih dekat dengan para konsumen. Saat ini, banyak pengusaha menjalankan bisnis mereka melalui internet, dan bertransaksi dengan konsumen secara online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dipilih melalui teknik nonprobability sampling, dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Analisis yang diterapkan mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian deskriptif mengindikasikan jika Loyalitas Pelanggan, Kualitas Produk, Digital Marketing, dan Kualitas Pelayanan masuk dalam kategori Cukup Baik. Hasil Uji t menunjukkan jika Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan dan positif dengan nilai sign 0.000 < 0.05. Demikian juga, Digital Marketing memberikan pengaruh signifikan dan positif dengan nilai sign 0.001 < 0.05, serta Kualitas Pelayanan juga berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai sign 0.005 < 0.05. Selain itu, hasil pengujian hipotesis secara simultan (Uji f) menunjukkan nilai f hitung sebesar 14,768 yang lebih besar dari F-tabel 2,703, dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Digital Marketing, dan Kualitas Pelayanan secara signifikan dan positif memengaruhi Loyalitas Pelanggan, baik secara parsial maupun simultan.

References

Alya, N I; Putu, N M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). 4(3)

Chaffey, D dan Chadwick. (2016). Digital marketing: Strategy, Implementation and Practice. Sixth Edition. United Kingdom. Pearson.

Diphayana, W. (2018). Perdagangan Internasional. Yogyakarta: Deepublish.

Faisal, A A P; Agus H; Widayanto. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Indihome Di Jepara). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 11(3)

Fandi, T. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandy T. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta. Andi Offset,.

Kotler, P dan Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kudratul, I A, Estu M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM). 19(1)

Kusuma, F P: Altje, L. T: Woran, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Matahari Departement Store di Mantos. JURNAL Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajeme n, Bisnis Dan Akuntansi. 9(1)

Lestira, T P W dan Devi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhada Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB). 1(2)

Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2017). Penerapan Strategi Digital marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Ekonomika’45. 5(1).

Marketplace dengan Kualitas Produk Terbaik (2022). (databoks.katadata.co.id). Diakses 5 Januari 2022. Website : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/21/riset-ipsos-ungkap-kualitas-produk-di-tokopedia-unggul-bagaimana-marketplace-lainnya

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.

Perusahaan E-commerce dengan Aduan Konsumen Terbanyak, 2021. (databoks.katadata.co.id). Diakses 5 Januari 2022. Website : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12/grabtoko-perusahaan-e-commerce-dengan-pengaduan-konsumen-terbanyak

Peta E-Commerce Indonesia. (IPrice.co.id). Diakses 3 Oktober, 2022. Website: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Purnomo, A S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital marketing terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi pada pelanggan Kedai Hj.S Jl.Kesumba Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia. 12(1)

Ratih H. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.

Rostiani, A; Rahayu L; Andini N. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan pemasaran digital terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Apartemen Kemang Grup PT Pudjiadi Prestige Tbk Jakarta. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 4(4)

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Siregar, N dan Hakim, F.(2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools. 8(2)

Situs E-Commerce dengan Engagement Sosial Tertinggi di Media Sosial (Kuartal I 2022). (databoks.katadata.co.id). Diakses 5 Januari 2022. Website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/20/riset-tokopedia-situs-e-commerce-dengan-engagement-tertinggi-di-media-sosial

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Triady, R., & Saputro, A. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Lazada. Inaba Journal Of Psychology, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.56956/ijop.v1i2.382