Pengaruh Kualitas Website Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Website Transmart
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v2i1.396Keywords:
Kualitas Website, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Pertumbuhan ekonomi ritel Indonesia menunjukkan adaptasi yang kuat meskipun terdampak pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak kualitas Website dan harga terhadap keputusan dalam pembelian di Transmart Home Delivery, Transmart Carrefour Buah Batu. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan verifikatif menggunakan regresi linier berganda, penelitian ini melibatkan 100 responden melalui metode Simple Random Sampling. Hasil penelitian memperlihatkan keputusan pembelian, kualitas Website, dan harga berada dalam kategori baik. Analisis korelasi menunjukkan jika kualitas Website berpengaruh signifikan dan korelasi positif sangat kuat terhadap keputusan pembelian (nilai korelasi 0,854). Begitu pula, harga memiliki korelasi positif sangat kuat terhadap keputusan pembelian (nilai korelasi 0,880). Secara simultan, kualitas Website dan harga memengaruhi keputusan pembelian dengan tingkat pengaruh sebesar 79,7%, sementara 20,3% dipengaruhi faktor lain. Uji F menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel (189,91 > 3,09), menandakan bahwa kualitas Website dan harga berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Hasil ini memperlihatkan bahwa kualitas Website dan harga adalah faktor utama dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen di platform ini.
References
Abdul Manap. (2016). Revolusi manajemen pemasaran (Edisi Pertama). Mitra Wacana Media.
Akbar, & Haryoko. (2020). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart cabang Cikokol Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 2622–8882.
Amin, M. F., & Husna, K. (2020). Analisis persepsi harga, kualitas Website, dan kepercayaan terhadap minat beli konsumen pada Tokopedia. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(1), 2579–9711.
Andriani, L. A., & Haryoko, H. (2021). Pengaruh emosi positif, potongan harga, dan kualitas Website terhadap pembelian impulsif. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 23(3), 1411–1713.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Unida Gontor, 6(3), 2460–4089.
Armstrong, G., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Assauri, S. (2013). Marketing management. Rajawali Pers.
Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2017). An integrative approach to the assessment of e-commerce quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), 114–127.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Plenum Press.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Undip.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing. Edward Elgar Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2013). E-commerce: Business, technology, society. Pearson.
Lupiyoadi, R. (2011). Dinamika bisnis jasa dan pentingnya pemasaran jasa. Salemba Empat.
Oentoro, B. (2012). Manajemen pemasaran modern. Laksbang Pressindo.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi Kesembilan).
Priansa, D. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer. Alfabeta.
Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach. John Wiley & Sons.
Setiyaningrum, T., & Udaya, S. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran. Andi.
Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran, teori dan implementasi. Andi.
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. PT Penerbit IPB Press.
Sunyoto, D. (2014). Manajemen pemasaran dan perilaku konsumen. Buku Seru.
Tjiptono, F. (2019). Perilaku konsumen: Definisi, domain, determinan. PT Penerbit IPB Press.
Turban, E., Rainer, R. K., & Potter, R. E. (2009). Introduction to information systems. Data Status.
Yani, J. A., & Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Zulfikar, M., & Budiantara, S. (2015). Manajemen riset dengan pendekatan komputasi statistika. Deepublish.