Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Wardah Kosmetik Di Kota Bandung

Authors

  • Imel Siti Mariyam Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v2i1.395

Keywords:

Kualitas Produk, Harga Produk, Minat Beli, Celebrity Endorsement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, dan Celebrity Endorsement terhadap minat beli produk Wardah Kosmetik, baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah Simple Random Sampling, dengan total 100 responden. Analisis yang dilakukan mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa Minat Beli, Kualitas Produk, Harga Produk dan Celebrity Endorsement berada pada kategori Cukup Baik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t), Kualitas Produk menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif dengan nilai signifikansi 0,013, yang lebih kecil dari 0,05. Selain itu, Harga Produk juga berpengaruh secara signifikan dan positif dengan nilai signifikansi 0,019, dan Celebrity Endorsement berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai signifikansi 0,048. Hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan nilai F hitung sebesar 70,789, yang lebih besar dari F-tabel 2,700, dengan nilai signifikansi 0,000 yang juga kurang dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Harga Produk, dan Celebrity Endorsement secara signifikan dan positif mempengaruhi Minat Beli, baik secara parsial maupun simultan.

References

Arinda, D.I., & Tony S. (2021). Pengaruh Endorsment Beuaty Vlogger, BrandeImage, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Makeover. Journal of Sustainability Business Research. 2 (2). ISSN 2746 – 8607.

Ariyanto, A.K., & Ginanjar, R. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat Terhadap Smartphone Merek Cina. Jurnal Widya Manajemen, 3 (2). ISSN : 2655–9501.

Geraldine, Y.M., dkk. (2021). Pengaruh Merek, Kualitas Produk, Media Sosial dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3 ( 1 ) ISSN 2656 – 775X.

Hamonanga, D., dkk. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Aplikasi Tiket On Line. Jurnal Buana Ilmu, 6 (2). ISSN 2541 – 6995.

Mubarok, D.A.A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung. Jurnal Inaba. 15 (3). ISSN 1412 – 6907.

Purba, R.R,. & Feni W. (2021). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Shampo Clear. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1 (3). ISSN 2798 - 7329.

Ramlawati, & Emy L. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah Pada Mahasiswa HPMM Cabang Maiwa Di Makassar. Jurnal Managemen dan Organisasi Review. 2(1) ISSN 2657 – 0130.

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Cakrawala. 17(2). ISSN 1411 – 8629.

Rokhawati, H.N., dkk. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Citra Merek TerhadaptMinat Beli Honda Scoopy Di Yogyakarta. Journal Mataram, 11 (1). P-ISSN 2088 – 4834.

Rosmelina, & Resmita, S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen:Studi Kasus Di Universitas Advent Indonesia, Jurnal Intelektiva, 3 (9). E-ISSN 2686 – 5661.

Sabar, M., dkk. (2022). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Ms Glow Di Kota Manado. Jurnal Emba, 10 (4). ISSN 2303 – 1174.

Sarayar, M., dkk. (2021). Pengaruh E-Wom, Harga Dan Kualitas Product Terhadap Minat Beli “Folcis Pudding” Manado. Jurnal Emba, 9 (4). ISSN 2303 – 1174.

Sari, R.Y., dkk. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Jurnal Bussines and Entrepreneurship. 3 (1). ISSN 2745 – 8547.

Subastian, D.V., dkk. (2021) Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms. Glow. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2 (1). E-ISSN 2829 -2944.

Wahidyah, A.I., & Fitri N.L. (2021). Pengaruh Islamic Celebrity Endoser, Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (4). ISSN 2714 – 7444.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Mariyam, I. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Wardah Kosmetik Di Kota Bandung. Inaba Journal Of Psychology, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.56956/ijop.v2i1.395