ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA PENDUDUK KELURAHAN TOMANG DALAM PENGGUNAAN APLIKASI JAKARTA KINI (JAKI) DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Pada Kelurahan Tomang Jakarta Barat)

Authors

  • albyan giriwana Universitas Indonesia Membangun
  • dany yudha krisna Universitas Indonesia Membangun

Keywords:

Kelurahan Tomang, Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), Metode (TAM).

Abstract

Jakarta Kini (JAKI) merupakan aplikasi pemprov DKI Jakarta yang di luncur kan untuk sistem yang di gunakan aplikasi ini juga sangat sederhana sehingga bisa di gunakan oleh masyarakat awam sekalipun. Sehingga aplikasi ini menjadi sebuah aplikasi yang harus di gunakan bagi warga DKI Jakarta. Tipe penelitian yang digunakanadalah model Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM dikembangkan oleh Davis (1989) yang mengadaptasi model TRA (Theory of Reasoned Action) TAM memperkenalkan dua variabel kunci, yaitu perceived usefulness (kebermanfaatan) dan perceived ease of use (kemudahan) yang memiliki relevancy pusat untuk memprediksi sikap penerimaan pengguna (Acceptance of IT) terhadap teknologi computer ada dua variabel penting yang dapat menentukan penerimaan terhadap teknologi informasi yaitu kebermanfaatan dan kemudahan. Faktor kebermanfaatan disini didefinisikan sebagai sejauh mana seseorang meyakini bahwa penggunaan teknologi/sistem tertentu akan meningkatkan kinerja. Sementara kemudahan diartikan sebagai tingkat dimana seseorang meyakini bahwa penggunaan sistem informasi adalah mudah dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakainya untuk bisa menggunakannya.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

giriwana, albyan, & krisna, dany yudha. (2023). ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA PENDUDUK KELURAHAN TOMANG DALAM PENGGUNAAN APLIKASI JAKARTA KINI (JAKI) DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (Studi Pada Kelurahan Tomang Jakarta Barat). Jurnal Informatika Dan Komputasi: Media Bahasan, Analisa Dan Aplikasi, 16(02), Hal 102–113. Retrieved from https://journals.inaba.ac.id/index.php/jiki/article/view/149

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.