Bentuk Pelatihan Bagi Anak – Anak Di Sekolah Rakyat Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.254Keywords:
Program Intervensi, Covid 19, Stimulus Motorik HalusAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk membantu anak-anak kembali bersekolah sejak terjadinya Covid-19. Covid-19 menyebabkan banyak perubahan bagi suatu individu khususnya anak-anak yang masih bersekolah, mereka harus mengalami perubahan metode belajar yang tadinya dilakukan secara tatap muka menjadi online atau dirumahkan. Hal ini membuat mereka akhirnya kekurangan kegiatan belajar sehari-harinya. Kegiatan ini tentunya memberikan pembelajaran tambahan bagi anak-anak tersebut dan dapat mengasah soft skill mereka, setelah latihan pembelajaran diberikan menunjukkan bahwa intervensi keterampilan sosial mampu meningkatkan keterampilan sosial anak. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis mendalam. Hasil dari penelitian bahwa semua program pembelajaran yang dibuat oleh Sekolah Rakyat Bekasi cukup berhasil untuk membantu adik-adik yang ingin mendapatkan pembelajaran tambahan selain dari sekolahnya yang di mana kegiatan tersebut mampu mengasah soft skill mereka lebih baik lagi.
References
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
M. Arif Hidayat, Ali Anwar, dan N. H. (2020). Pendidikan Non Formal. Guru Akuntansi.Co.Id, 1. https://guruakuntansi.co.id/pendidikan-non-formal/
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Mandhala, P., Barurambat, D., Pamekasan, K., Khofifah, A. A., & Poerwanti, S. D. (2022). Jurnal Intervensi Sosial ( JINS ) Strategi Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak oleh Kampung. 1(2), 12–23.
Marzuki, (2012). "Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah". FIS-UNY. Yogyakarta.
Nurwijayanti, A. M., & Iqomh, M. K. B. (2018). Intervensi Keperawatan Anak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri Dalam Upaya Pencapaian Tumbuh Kembang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(03), 479–486. https://doi.org/10.33221/jiiki.v8i03.132
Putri, D. S., Amalia, Y., & Nasriadi, A. (2023). Peningkatan kemampuan siswa pada materi himpunan dengan menggunakan alat peraga di kelas VIII Smpn 1 darul imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 112–123. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/1046
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298
Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573