Pola Perilaku Agresivitas Anak Dari Kelompok Intervensi Sosial Rumah Peri Kecil
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.407Keywords:
Intervensi Sosial, Perilaku agresif pada anak, komunitasAbstract
Artikel ini membahas tentang intervensi sosial dalam membentuk perilaku agresif pada anak, dengan fokus pada Komunitas Rumah Peri Kecil di Jakarta Timur. Perilaku sosial anak, termasuk pola perilaku sosial dan tidak sosial, serta faktor pembentuk perilaku, menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dengan subjek penelitian meliputi ketua koordinator Rumah Peri Kecil, pendamping/relawan, dan anak didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi sosial, seperti memberikan pengertian, meminta maaf, dan mengajarkan kata-kata sopan, telah dilakukan untuk mengatasi perilaku agresif pada anak. Penelitian ini memberikan gambaran yang mendalam mengenai intervensi komunitas dalam membentuk perilaku sosial anak, serta memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif pada anak
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Dwi, A., 1✉, Y., & Soetjiningsih, C. H. (2024). Pola Asuh Otoriter dan Perilaku Agresif pada Siswa SMK X Salatiga. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 5454–5465.
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26
Rosalina, I. (2012). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Karangrejo Kabupaten Magetan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Surabaya, 1, 0–216.
Saleh, R. F. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan: Sebuah Telaah Kritis Filosifis-Pedagogis. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 3(2), 58–63. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3655
Selly Anggraini Inshani, & Fenty Zahara Nasution. (2023). Faktor Penyebab Munculnya Hubungan Prasangka dan Frustrasi dengan Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1231
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Galang Putra Yudha Pradana, Gene Meshani, Ahmad Mikail Zuhri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.