Pola Perilaku Agresivitas Anak Dari Kelompok Intervensi Sosial Rumah Peri Kecil

Authors

  • Galang Putra Yudha Pradana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Gene Meshani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ahmad Mikail Zuhri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.407

Keywords:

Intervensi Sosial, Perilaku agresif pada anak, komunitas

Abstract

Artikel ini membahas tentang intervensi sosial dalam membentuk perilaku agresif pada anak, dengan fokus pada Komunitas Rumah Peri Kecil di Jakarta Timur. Perilaku sosial anak, termasuk pola perilaku sosial dan tidak sosial, serta faktor pembentuk perilaku, menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, dengan subjek penelitian meliputi ketua koordinator Rumah Peri Kecil, pendamping/relawan, dan anak didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi sosial, seperti memberikan pengertian, meminta maaf, dan mengajarkan kata-kata sopan, telah dilakukan untuk mengatasi perilaku agresif pada anak. Penelitian ini memberikan gambaran yang mendalam mengenai intervensi komunitas dalam membentuk perilaku sosial anak, serta memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif pada anak

References

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Dwi, A., 1✉, Y., & Soetjiningsih, C. H. (2024). Pola Asuh Otoriter dan Perilaku Agresif pada Siswa SMK X Salatiga. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 5454–5465.

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Rosalina, I. (2012). Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Karangrejo Kabupaten Magetan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Surabaya, 1, 0–216.

Saleh, R. F. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan: Sebuah Telaah Kritis Filosifis-Pedagogis. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 3(2), 58–63. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3655

Selly Anggraini Inshani, & Fenty Zahara Nasution. (2023). Faktor Penyebab Munculnya Hubungan Prasangka dan Frustrasi dengan Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1231

Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Pradana, G. P. Y., Meshani, G., & Zuhri, A. M. (2025). Pola Perilaku Agresivitas Anak Dari Kelompok Intervensi Sosial Rumah Peri Kecil. Inaba Journal Of Psychology, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.407

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.