Pengaruh Latihan Mnemonik Terhadap Peningkatan Daya Ingat Pada Mahasiswa Di Fakultas Psikologi Universitas X Di Bandung

Authors

  • Nazwa Putri Rahman Universitas Islam Bandung
  • Rifqi Farisan Akbar Universitas Indonesia Membangun
  • Zahra Alvira Ranabila Universitas Islam Bandung
  • Qonita Muthmainnah Universitas Islam Bandung
  • Najwa Salsabila Sudrajat Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.260

Keywords:

metode mnemonik, daya ingat, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X Di Bandung yang belum mengambil mata kuliah Praktikum Metodik Tes. Metode mnemonik digunakan untuk membantu mahasiswa mengingat informasi melalui teknik penghafalan, dengan hasil diukur menggunakan post-test setelah perlakuan diberikan. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah Praktikum Metodik Tes. Instrumen yang digunakan adalah tes daya ingat dengan kata kunci yang divalidasi sebelumnya. Data dianalisis menggunakan uji t dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mnemonik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan daya ingat mahasiswa, terutama pada mereka yang memiliki gaya belajar kinestetik. Peningkatan daya ingat lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, meskipun hasil uji t menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dalam hasil post-test antara kedua kelompok. Pengaruh metode mnemonik juga bervariasi tergantung pada gaya belajar mahasiswa, dengan mahasiswa kinestetik mendapatkan manfaat paling besar dari penerapan metode ini. Kesimpulannya, metode mnemonik dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan daya ingat mahasiswa, khususnya bagi mereka dengan gaya belajar kinestetik. Metode ini menawarkan pendekatan yang interaktif dan relevan dalam proses pembelajaran di lingkungan akademik.

References

Asmarani, K. (2013). Efektifitas metode mnemonik dalam meningkatkan daya ingat siswa kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke pada mata pelajaran sejarah tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 22.

Atkinson, R. C., & Raugh, M. R. (1975). An application of the mnemonic keyword method to the acquisition of a Russian vocabulary. Journal of experimental psychology: Human learning and memory, 1(2), 126.

Atkinson, R. C., & Shiffrin, R. M. (1968). Human memory: A proposed system and its control processes. In K. W. Spence & J. T. Spence (Eds.), The psychology of learning and motivation (Vol. 2, pp. 89-197). New York: Academic Press.

Atkinson, R.L.; Atkinson, R.C.; & Hilgard, E.R. 1983. Introduction to Psychology. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich Inc.

Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik: Solusi kreatif untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Palapa, 8(1), 81-96.

Fleming, N. D. (2001). Teaching and learning styles: VARK.

Hariadi, S. (2021). Metode Mnemonic dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 1-14.

Heryani, Y., Kartono, K., Dewi, N. R., & Wijayanti, K. (2021, December). Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Daya Ingat. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 4, No. 1, pp. 449-454).

Husna, P. N., & Jumino, J. (2022). Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(4), 465-478.

MANARAN, L. Y., Haris, R. A., & Suwarni, A. (2018). Pengaruh Metode Mnemonic Terhadap Peningkatan Short Term Memory Lansia di Wilayah Kraton Ulo (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta).

Mappan, V. S., Tandililing, E., & Yani, A. (2020). Pengaruh Mnemonic Terhadap Daya Ingat dan Kemampuan Berpikir Kritis Mengenai Ukuran Dispersi Sebaran Data. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7).

Medics at war: military medicine from colonial times to the 21st century

Nursiti, D., & Sipayung, I. C. H. (2018). PENERAPAN STRATEGI MENGINGAT MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT MAHASISWA PSIKOLOGI USM-INDONESIA. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(2), 166-172.

Parsons, E. H., Banet, S. R., & Lawrence, G. H. (1952). Follow-Up Studies of EST A Preliminary Report. Stereotactic and Functional Neurosurgery, 12(5-6), 321-325.

Prastyo, D., Anturi, A., & Fanny, A. M. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya dengan Model Mnemonik pada Materi Peta, Atlas dan Globe Ditinjau dari Gaya Belajar Audio, Visual dan Kinestetik. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Rasiban, L. M. (2013). Penerapan student centered learning (SCL) melalui metode mnemonik dengan teknik asosiasi pada mata kuliah kanji dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 180-189.

Saleh, A. A. (2018). Buku Pengantar Psikologi. Aksara Timur, 107-120.

Syah, M. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.

Ting, S. R. (2000). Predicting academic success of first-year engineering students from standardized test scores and psychosocial variables. International Journal of Engineering Education, 16(1), 4-9.

Yuliana, M., Suryaningtyas, W., & Shoffa, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 142-164.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Rahman, N. P., Akbar, R. F., Ranabila, Z. A., Muthmainnah, Q., & Sudrajat, N. S. (2024). Pengaruh Latihan Mnemonik Terhadap Peningkatan Daya Ingat Pada Mahasiswa Di Fakultas Psikologi Universitas X Di Bandung. Inaba Journal Of Psychology, 2(2), 57–67. https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.260

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.