Pengaruh Musik Lo-Fi Terhadap Pemahaman Bacaan Mahasiswa Usia 19-24 Tahun

Authors

  • Gefira Buana Fajri Universitas Islam Bandung
  • Gheisya Vellani Putri Universitas Islam Bandung
  • Jessenia Nadira Ranaputri Universitas Islam Bandung
  • Nisya Dieya Saputri Universitas Islam Bandung
  • Keizia Alma Putri Universitas Islam Bandung
  • Rahma Isnadia Nurhaliza Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.406

Keywords:

Pemahaman membaca, musik lo-fi, mahasiswa

Abstract

Pemahaman membaca merupakan keterampilan kognitif yang penting dalam proses pembelajaran. Banyak mahasiswa menggunakan musik sebagai strategi untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca, salah satunya musik lo-fi yang memiliki ritme lembut dan menenangkan. Namun, pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca dengan musik lo-fi dan kelompok yang membaca tanpa musik. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman membaca, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam pemahaman membaca. Hal ini menunjukkan bahwa musik lo-fi tidak secara langsung meningkatkan atau menghambat pemahaman membaca mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik lo-fi dapat digunakan sebagai latar belajar berdasarkan preferensi individu, tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca

References

Anggraita, A. D., Claudia, C., Pilartomo, R. A., Suwandi, S., Budiarso, S., & Aryanto, C. B. (2021). Effect of Low-Fidelity Music (lo-fi) on Reading Comprehension in Indonesian College Students at Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 12(01), 10–20. https://doi.org/10.35814/mindset.v12i01.1694

Chairunnisa, C. (2018). PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584

KHARISMA, F. F., Marlina, & Wilda Yulia Rusyida. (2024). Analisis Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Tingkat Fokus dan Produktivitas Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 91–97. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1818 .

Izzah, L. I. (2020). PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK TERHADAP MOOD BELAJAR PADA MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH UIN SUSKA RIAU. Nathiqiyyah, 3(1), 38-43. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.82

Mas’ud Maulana, Hidayatul Fikra, A. Y. Y., & Chodijah, M. (2022). Gunung Djati Conference Series, Volume 8 (2022) The 2nd Conference on Ushuluddin Studies. Gunung Djati Conference Sains, 8, 630–638.

Nabila Shafna, Masnunah, & Endang Surtiyoni. (2024). PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 9(4), 796–807. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i4.623

Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).

Subandrio, D. M., Kuswandari, N. A., & Rahayu, N. P. (2024). Pengaruh Mendengarkan Musik terhadap Memori pada Mahasiswa. 4(10), 492–503. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v4i102024p492-503

Suhaeni, T., Raharso, S., & Putri, I. S. S. (2020). Musik Dalam-Toko dan Perilaku Pembeli: Kajian Empiris di Minimarket. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 47. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1281

Toding Bua, M., & Jhevraiyan Mangiri. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 529–540. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5260

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/ TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Fajri, G. B., Putri, G. V., Ranaputri, J. N., Saputri, N. D., Putri, K. A., & Nurhaliza, R. I. (2025). Pengaruh Musik Lo-Fi Terhadap Pemahaman Bacaan Mahasiswa Usia 19-24 Tahun. Inaba Journal Of Psychology, 3(1), 12–18. https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.406

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.