Pengaruh Musik Lo-Fi Terhadap Pemahaman Bacaan Mahasiswa Usia 19-24 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.406Keywords:
Pemahaman membaca, musik lo-fi, mahasiswaAbstract
Pemahaman membaca merupakan keterampilan kognitif yang penting dalam proses pembelajaran. Banyak mahasiswa menggunakan musik sebagai strategi untuk meningkatkan konsentrasi saat membaca, salah satunya musik lo-fi yang memiliki ritme lembut dan menenangkan. Namun, pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca masih belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh musik lo-fi terhadap pemahaman membaca mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok yang membaca dengan musik lo-fi dan kelompok yang membaca tanpa musik. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman membaca, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam pemahaman membaca. Hal ini menunjukkan bahwa musik lo-fi tidak secara langsung meningkatkan atau menghambat pemahaman membaca mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah musik lo-fi dapat digunakan sebagai latar belajar berdasarkan preferensi individu, tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca
References
Anggraita, A. D., Claudia, C., Pilartomo, R. A., Suwandi, S., Budiarso, S., & Aryanto, C. B. (2021). Effect of Low-Fidelity Music (lo-fi) on Reading Comprehension in Indonesian College Students at Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 12(01), 10–20. https://doi.org/10.35814/mindset.v12i01.1694
Chairunnisa, C. (2018). PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584
KHARISMA, F. F., Marlina, & Wilda Yulia Rusyida. (2024). Analisis Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Tingkat Fokus dan Produktivitas Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 91–97. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1818 .
Izzah, L. I. (2020). PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK TERHADAP MOOD BELAJAR PADA MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH UIN SUSKA RIAU. Nathiqiyyah, 3(1), 38-43. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.82
Mas’ud Maulana, Hidayatul Fikra, A. Y. Y., & Chodijah, M. (2022). Gunung Djati Conference Series, Volume 8 (2022) The 2nd Conference on Ushuluddin Studies. Gunung Djati Conference Sains, 8, 630–638.
Nabila Shafna, Masnunah, & Endang Surtiyoni. (2024). PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI PADA SISWA . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 9(4), 796–807. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i4.623
Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).
Subandrio, D. M., Kuswandari, N. A., & Rahayu, N. P. (2024). Pengaruh Mendengarkan Musik terhadap Memori pada Mahasiswa. 4(10), 492–503. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v4i102024p492-503
Suhaeni, T., Raharso, S., & Putri, I. S. S. (2020). Musik Dalam-Toko dan Perilaku Pembeli: Kajian Empiris di Minimarket. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 47. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1281
Toding Bua, M., & Jhevraiyan Mangiri. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Masa Pandemi. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 529–540. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5260
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/ TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gefira Buana Fajri, Gheisya Vellani Putri, Jessenia Nadira Ranaputri, Nisya Dieya Saputri, Keizia Alma Putri, Rahma Isnadia Nurhaliza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.