Pemberian Contoh Terhadap Problem Solving T Puzzle Pada Mahasiswa Psikologi

Authors

  • Lingga Putri Lestari Universitas Islam Bandung
  • Dheandra Dwi Zalfa Athallah Universitas Islam Bandung
  • Sarah Azzahra Universitas Islam Bandung
  • Tasya Alifa Ramadhani Universitas Islam Bandung
  • Zahra Nurhafidah Hakim Universitas Islam Bandung
  • Reval Pey Adrian Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.408

Keywords:

T Puzzle, pemecahan masalah, statistika, eksperimen, psikologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian contoh penyelesaian T Puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah statistika mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X angkatan 2023. Pemecahan masalah merupakan keterampilan penting yang diperlukan dalam konteks akademik dan kehidupan profesional, termasuk dalam mata kuliah statistika yang sering dianggap sulit oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest one group design, dengan instrumen penelitian berupa T Puzzle untuk mengukur kemampuan problem solving. Sampel penelitian terdiri dari 20 mahasiswa yang dipilih dengan teknik random sampling dan kriteria IPK antara 2,00 hingga 3,00. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian contoh penyelesaian T Puzzle dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah statistika, yang ditunjukkan dengan penurunan waktu penyelesaian soal dan peningkatan pemahaman materi statistika. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa, serta memperkuat kompetensi akademik dan profesional mereka di bidang psikologi.

References

Akbar, R. F., Ekanesia, P., Kireyna, S. D., & Sabrina, Z. A. (2023). Perkembangan Karir Mahasiswa Pria Berdasarkan Profil Minat Tes Holland di Fakultas Psikologi Universitas X Di Kota Bandung. 71–79.

Akbar, R. F., Ekanesia, P., & Sastri, P. D. (2023). The Effectiveness of Group Therapy in Improving Self-Esteem Among Female Students of The Psychology Faculty at University X in Bandung. West Science Interdisciplinary Studies, 01(06), 338–345.

Amatullah, A. A., Hariyanti, D. P. D., & Purwadi, P. (2022). Analisis Penggunaan Puzzle Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9732

Amdar, F. F., Putra, J. E. S., Khaerah, A., & Irmayanti. (2023). Kesulitan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Dasar. Jurnal Pendidikan Dewantara, 1(2), 75–80. https://jurnal.yagasi.or.id/index.php/http://dx.doi.org/10./dewantara.v1i2.75-80

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 159.

Hardianti, S. A., & Hamsir, H. (2022). Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik Jual Beli Moke. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah, 5(2016), 80–93. https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v3i3.22581

Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Budi Febriyanto. (2021). Pentingnya Media Tangram Terhadap Kemampuan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(2), 290–294.

Napitupulu, D. S., Lubis, S. A., & Siregar, Y. (2022). Berpikir dan Problem Solving dalam Pendidikan Islam. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 296–313. https://doi.org/10.33650/at-turas.v9i2.4330

Toharudin, U., & Setia Kurniawan, I. (2017). STUDI KASUS PADA PSIKOLOGI PENDIDIKAN: BAGAIMANA MAHASISWA MEMILIKI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING? A Case Study in Psychology Education: How Student Have a Problem Solving Skills? Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 36–44. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Lestari, L. P., Athallah, D. D. Z., Azzahra, S., Ramadhani, T. A., Hakim, Z. N., & Adrian, R. P. (2025). Pemberian Contoh Terhadap Problem Solving T Puzzle Pada Mahasiswa Psikologi. Inaba Journal Of Psychology, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.408

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.