Efektivitas Musik Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar X di Bandung

Authors

  • Dafiq Nur Hidayat Universitas Indonesia Membangun
  • Andini Putri Febrianti Putri Febrianti Universitas Indonesia Membangun
  • Dina Siti Rohmah Universitas Indonesia Membangun
  • Viola Jantia Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v3i2.460

Keywords:

Musik, Konsentrasi Belaja, Siswa Sekolah Dasar, Eksperimen

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan kemampuan penting yang mendukung keberhasilan akademik pada siswa sekolah dasar, namun seringkali terhambat oleh gangguan eksternal seperti kebisingan dan distraksi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas musik instrumental dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest dengan satu kelompok. Subjek penelitian terdiri dari siswa berusia sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan meliputi alat ukur konsentrasi visual dan berkelanjutan, lembar observasi perilaku, serta kuesioner persepsi siswa terhadap pengalaman belajar menggunakan musik. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas untuk memastikan distribusi data dan uji perbedaan untuk mengetahui perubahan konsentrasi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan konsentrasi belajar setelah mendengarkan musik instrumental, meskipun peningkatan tersebut belum signifikan. Temuan ini memberikan gambaran awal bahwa musik instrumental memiliki potensi sebagai strategi pendukung konsentrasi belajar, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan design yang lebih komprehensif untuk memperkuat temuan ini.

References

Djohan, Tyasrinestu, F., & Sualang, L. A. E. (2022). Pengaruh mendengarkan musik terhadap kondisi rilaksasi. Jurnal Resital, 23(3), 190–201.

Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1074. Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Pengaruh kebisingan lalulintas terhadap konsentrasi belajar

siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 53–57.

Isramilda, Deskawaty, F., & Zhafira, A. V. (2023). Efektivitas terapi musik instrumental terhadap

tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan dalam

menyusun skripsi. Zona Kedokteran, 13(2), 342–349.

Kiss, L., & Linnell, K. J. (2021). The effect of preferred background music on task-focus in sustained

attention. Psychological Research, 85(6), 2313–2325.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games

Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan

romawi bagi siswa tunarungu kelas IV SDLB. Jurnal Jassi Annakku, 20(1), 40–51.

Peters, V., Bissonnette, J., Nadeau, D., Gauthier-Légaré, A., & Noël, M. (2024). The impact of musicking on emotion regulation: A systematic review and meta-analysis. Psychology of

Music, 52(5), 548–568. https://doi.org/10.1177/03057356231212362

Riyadi, L., & Sukmayadi, Y. (2023). Pengaruh musik sebagai media intervensi terhadap kemampuan anak berbahasa: Tinjauan literatur sistematis. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 5(2), 127–138.

https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i2.132

Rodriguez-Gomez, D. A., & Talero-Gutiérrez, C. (2021). Effects of music training in executive function performance in children: A systematic review. Frontiers in Psychology, 13, Article 968144. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968144

Salim, D. (2010). Pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar siswa kelas 2 SMUK 1 Salatiga. Jurnal Musik, 2(1), 23–32.

Sari, L. N., & Susilawati, N. (2022). Motif penggunaan filter Instagram dikalangan mahasiswa perempuan Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 5(2), 217–227. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.625

Sala, G., & Gobet, F. (2020). Cognitive and academic benefits of music training with children: A multilevel meta-analysis. Memory & Cognition, 48, 1429–1441. https://doi.org/10.3758/s13421-020-01060-2

(Catatan: Judul dan sumber lengkap Anda sebelumnya tidak disebutkan. Ini disesuaikan dengan publikasi asli mereka.)

Silaen, A. E., Ramadhanti, N., & Utami, S. T. (2023). Musik berpengaruh dalam konsentrasi belajar.

Parade Riset Mahasiswa, 1(1), 467–480.

Sun, Y., Sun, C., Li, C., Shao, X., Liu, Q., & Liu, H. (2024). Impact of background music on reading

comprehension: Influence of lyrics language and study habits. Frontiers in Psychology, 1(4),

Article 1363562. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1363562

Vigl, J., Ojell-Järventausta, M., Sipola, H., & Saarikallio, S. (2023). Melody for the mind: Enhancing

mood, motivation, concentration, and learning through music listening in the classroom. Music & Science, 6, Article 20592043231214085. https://doi.org/10.1177/20592043231214085

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Hidayat, D. N., Putri Febrianti, A. P. F., Rohmah, D. S., & Jantia, V. (2025). Efektivitas Musik Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar X di Bandung. Inaba Journal Of Psychology, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.56956/ijop.v3i2.460

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.