Efektivitas Musik Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar X di Bandung
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v3i2.460Keywords:
Musik, Konsentrasi Belaja, Siswa Sekolah Dasar, EksperimenAbstract
Konsentrasi belajar merupakan kemampuan penting yang mendukung keberhasilan akademik pada siswa sekolah dasar, namun seringkali terhambat oleh gangguan eksternal seperti kebisingan dan distraksi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas musik instrumental dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest dengan satu kelompok. Subjek penelitian terdiri dari siswa berusia sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan meliputi alat ukur konsentrasi visual dan berkelanjutan, lembar observasi perilaku, serta kuesioner persepsi siswa terhadap pengalaman belajar menggunakan musik. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas untuk memastikan distribusi data dan uji perbedaan untuk mengetahui perubahan konsentrasi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan konsentrasi belajar setelah mendengarkan musik instrumental, meskipun peningkatan tersebut belum signifikan. Temuan ini memberikan gambaran awal bahwa musik instrumental memiliki potensi sebagai strategi pendukung konsentrasi belajar, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan design yang lebih komprehensif untuk memperkuat temuan ini.
References
Djohan, Tyasrinestu, F., & Sualang, L. A. E. (2022). Pengaruh mendengarkan musik terhadap kondisi rilaksasi. Jurnal Resital, 23(3), 190–201.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran Picture and Picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1074. Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Pengaruh kebisingan lalulintas terhadap konsentrasi belajar
siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1), 53–57.
Isramilda, Deskawaty, F., & Zhafira, A. V. (2023). Efektivitas terapi musik instrumental terhadap
tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan dalam
menyusun skripsi. Zona Kedokteran, 13(2), 342–349.
Kiss, L., & Linnell, K. J. (2021). The effect of preferred background music on task-focus in sustained
attention. Psychological Research, 85(6), 2313–2325.
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Team Games
Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan
romawi bagi siswa tunarungu kelas IV SDLB. Jurnal Jassi Annakku, 20(1), 40–51.
Peters, V., Bissonnette, J., Nadeau, D., Gauthier-Légaré, A., & Noël, M. (2024). The impact of musicking on emotion regulation: A systematic review and meta-analysis. Psychology of
Music, 52(5), 548–568. https://doi.org/10.1177/03057356231212362
Riyadi, L., & Sukmayadi, Y. (2023). Pengaruh musik sebagai media intervensi terhadap kemampuan anak berbahasa: Tinjauan literatur sistematis. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik, 5(2), 127–138.
https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i2.132
Rodriguez-Gomez, D. A., & Talero-Gutiérrez, C. (2021). Effects of music training in executive function performance in children: A systematic review. Frontiers in Psychology, 13, Article 968144. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.968144
Salim, D. (2010). Pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar siswa kelas 2 SMUK 1 Salatiga. Jurnal Musik, 2(1), 23–32.
Sari, L. N., & Susilawati, N. (2022). Motif penggunaan filter Instagram dikalangan mahasiswa perempuan Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 5(2), 217–227. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.625
Sala, G., & Gobet, F. (2020). Cognitive and academic benefits of music training with children: A multilevel meta-analysis. Memory & Cognition, 48, 1429–1441. https://doi.org/10.3758/s13421-020-01060-2
(Catatan: Judul dan sumber lengkap Anda sebelumnya tidak disebutkan. Ini disesuaikan dengan publikasi asli mereka.)
Silaen, A. E., Ramadhanti, N., & Utami, S. T. (2023). Musik berpengaruh dalam konsentrasi belajar.
Parade Riset Mahasiswa, 1(1), 467–480.
Sun, Y., Sun, C., Li, C., Shao, X., Liu, Q., & Liu, H. (2024). Impact of background music on reading
comprehension: Influence of lyrics language and study habits. Frontiers in Psychology, 1(4),
Article 1363562. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1363562
Vigl, J., Ojell-Järventausta, M., Sipola, H., & Saarikallio, S. (2023). Melody for the mind: Enhancing
mood, motivation, concentration, and learning through music listening in the classroom. Music & Science, 6, Article 20592043231214085. https://doi.org/10.1177/20592043231214085
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dafiq Nur Hidayat, Andini Putri Febrianti Putri Febrianti, Dina Siti Rohmah, Viola Jantia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.