Pengaruh Senam Otak Terhadap Daya Ingat Mahasiswa Baru Psikologi Universitas X Bandung

Authors

  • Kaila Eyzalika Modesty Universitas Islam Bandung
  • Lutfi Mochamad Fauzan Universitas Islam Bandung
  • Marva Leilani Anugra Universitas Islam Bandung
  • Fasya Fauzani Siregar Universitas Islam Bandung
  • Lulu Vemi Artamevia Universitas Islam Bandung
  • Mailfa Zahya Vashtillah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.401

Keywords:

senam otak, Memori, mahasiswa baru, psikologi, daya ingat

Abstract

Transisi dari pendidikan menengah ke perguruan tinggi merupakan fase yang penuh tantangan bagi mahasiswa baru, terutama dalam hal adaptasi akademik dan tuntutan kognitif. Mahasiswa Psikologi Universitas X di Bandung dihadapkan pada beban akademik yang tinggi, termasuk banyaknya materi yang harus dihafal serta praktikum yang membutuhkan daya ingat yang kuat. Salah satu metode yang diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, adalah senam otak atau brain gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap daya ingat mahasiswa baru Psikologi Mahasiswa Psikologi Universitas X di Bandung. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Before-After Design, di mana satu kelompok subjek diukur daya ingatnya sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa senam otak. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan subtes Merkaufgaben (ME) dari Intelligenz Struktur Test (IST) 9, yang mengukur kemampuan memori jangka pendek. Data dianalisis untuk melihat perbedaan skor memori sebelum dan sesudah intervensi senam otak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam skor memori mahasiswa setelah melakukan senam otak. Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa senam otak dapat meningkatkan aliran darah ke otak, merangsang aktivitas molekuler dan selular yang berperan dalam plastisitas otak, serta memperbaiki fungsi kognitif, termasuk daya ingat. Dengan demikian, senam otak dapat dijadikan sebagai salah satu metode efektif dalam meningkatkan daya ingat mahasiswa, khususnya dalam menghadapi tantangan akademik di perguruan tinggi.

References

Alzuhra, N. (2024). Efektivitas Peningkatan Memori pada Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 5(3), 397-406. http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i3.26438

Akbar, R. F., Ekanesia, P., Kireyna, S. D., & Sabrina, Z. A. (2023). Perkembangan Karir Mahasiswa Pria Berdasarkan Profil Minat Tes Holland di Fakultas Psikologi Universitas X Di Kota Bandung. 71–79. https://doi.org/10.56956/ijop.v1i2.383

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Makara Human Behavior Studies in Asia Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91–97. https://doi.org/10.7454/mssh.v14i2.666

Dennison, Paul E., Gail E. Dennison (2010). Buku Panduan Lengkap Brain Gym Senam Otak. Jakarta: Grasindo. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6004

Hamidah, & Hartini, N. (2000). Uji Validitas Dan Reliabilitas Item Tes IST (Intelligenz Strukture Tes). Lembaga Penelitian Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115435.

Ikbal, B., Sutria, E., & Hidayah, N. (2017). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 52-59. https://doi.org/10.24252/join.v2i2.3981

Khoirunnisa, D. (2018). Pembelajaran E-Learning Perkembangan Anak di Jurusan Psikologi Online Learning Model for the Child Development Course in Psychology Department Riza Noviana Khoirunnisa, Damajanti Kusuma Dewi, Desi Nurwidawati Jurusan Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(1), 62–76.

Pratiwi, W. N., & Gayatri, P. R. (2021). Senam Otak Meningkatkan Aspek Kognitif Mahasiswa. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2020, 70–74. https://doi.org/10.30602/jvk.v2i1.47

Rumintang, A., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap tingkat kecemasan pada dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 77. https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p08

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan sivitas akademika dalam memilih sumber referensi untuk penyusunan karya tulis ilmiah di perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79-86. https://doi.org/10.22146/bip.26074

Sularyo, T. S., & Handryastuti, S. (2016). Senam Otak. Sari Pediatri, 4(1), 36. https://doi.org/10.14238/sp4.1.2002.36-44

Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2017). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama. Jurnal Ilmu Kedokteran, 9(2), 107. https://doi.org/10.26891/jik.v9i2.2015.107-113

Yuanika, N. M. K. P., Harkitasari, S., Sukarini, P. N., Sumadewi, T. K., & Parwati, T. I. P. (2023). Pengaruh Senam Otak Terhadap Ingatan Jangka Pendek pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Aesculapius Medical Journal |, 3(3), 388–395. https://doi.org/10.22225/amj.3.3.2023.388-395

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Modesty, K. E., Fauzan, L. M., Anugra, M. L., Siregar, F. F., Artamevia, L. V., & Vashtillah, M. Z. (2025). Pengaruh Senam Otak Terhadap Daya Ingat Mahasiswa Baru Psikologi Universitas X Bandung. Inaba Journal Of Psychology, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.56956/ijop.v3i1.401