Dinamika Self-Adjustment Pegawai Baru DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v3i2.420Keywords:
penyesuaian diri, pegawai baru, adaptasi di lingkungan kerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan memahami dinamika penyesuaian diri (self-adjustment) pegawai baru di DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah. Penyesuaian diri merupakan proses penting dalam menghadapi perubahan lingkungan kerja, terutama saat memasuki masa awal penempatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus dan melibatkan tiga partisipan yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis berdasarkan enam aspek penyesuaian diri menurut Schneiders (1964). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun menghadapi tantangan seperti tekanan emosional, perbedaan sistem kerja, dan kelelahan fisik, seluruh partisipan mampu menunjukkan respons adaptif. Faktor yang memengaruhi proses adaptasi antara lain pengalaman kerja sebelumnya, kondisi psikologis, dan dukungan sosial. Strategi yang digunakan meliputi penerimaan situasi, kemauan belajar, dan komunikasi terbuka. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya program orientasi yang mendukung proses adaptasi pegawai baru serta perlunya keterbukaan individu terhadap proses belajar.
References
Clarabella, Hardjono, & Setyanto. (2015). Hubungan Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Hardiness pada Remaja yang Mengalami Residential mobility di Keluarga Militer. Wacana, 7(1), 96-108.
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Kusumaningsih, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Rahadianto, A., Rakhmad, W., & Hasfi, N. (2024). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DENGAN KEMAMPUAN ADAPTASI PEGAWAI BARU DI PERUSAHAAN PERBANKAN. Interaksi Online, 12(3), 467-482.
Schneiders. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. Newyork: Rinehart & Winston.
Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Pradina Pustaka.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mira Permata Sari, Aldila Dyas Nurfitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.