PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMPLAIN MANAGEMENT PADA PT.SICEPAT EKSPRES BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.56956/jiki.v16i01.96Keywords:
e-Complain, delivery, android react native, mobile, javascriptAbstract
Sistem informasi E-Complain merupakan sistem informasi yang dibutuhkan untuk menampung keluhan, kritik dan
saran khususnya bagi PT. Sicepat Ekspres. PT. Sicepat Ekspres merupakan perusahaan pengiriman barang
melalui jalur darat, laut dan udara yang memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah
bekerjasama dengan pelaku bisnis online, dengan adanya sistem informasi E-complain ini untuk mempermudah
pelanggan dalam melakukan pengaduan dan pelanggan juga dapat menerima informasi atas pengaduan yang
dilakukan dan pengelola juga dapat melakukan perhitungan forecasting dan memprediksi tingkat jumlah
konsumen yang melakukan komplain guna meningkatkan pelayanan pada PT.Sicepat Express. Penelitian ini
dirancang dengan sistem informasi React Native berbasis Android dengan membuat aplikasi mobile (android dan
ios) menggunakan javascript. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengatasi berbagai kebutuhan
pengguna untuk melakukan pengaduan sehingga pelanggan dapat menerima informasi pengaduan yang telah
disampaikan dan mempermudah pengaduan berbasis Android secara efektif dan efisien.