STRATEGI BISNIS LOW-COST LEADERSHIP MEDIA TEMPO INTI MEDIA HARIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56956/jdcs.v1i1.180Keywords:
sstrategi bersaing dari Porter, keunggulan biaya rendah, bisnis mediaAbstract
Perusahaan media perlu melakukan berbagai adaptasi dan penyesuaian untuk
mempertahankan eksistensi bisnisnya selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis low-cost leadership media Tempo Inti
Media Harian saat Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 mengakibatkan adanya
perubahan strategi bisnis low-cost leadership media tersebut. Adapun penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan data
melalui proses wawancara mendalam. Konsep teori yang dipakai dalam penelitian ini
adalah konsep low-cost leadership atau keunggulan biaya rendah pada teori strategi
bersaing generik milik Michael Porter yang digunakan untuk mengetahui posisi
perusahaan di tengah persaingan industri. Strategi keunggulan biaya menyeluruh
yang diterapkan oleh Tempo Inti Media Harian ialah dengan menggunakan
pengendalian biaya yang ketat dalam berbagai sektor seperti adanya pengelolaan
tenaga kerja serta penyesuaian harga jual produk. Berdasarkan penelitian ini, tempo
Inti Media Harian berhasil bangkit serta mempertahankan eksistensi bisnis nya
melalui strategi low-cost leadership tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.