Studi Kasus Gaya Komunikasi Reyno Alvaro dalam Penyampaian Pesan Edukasi di Instagram

Authors

  • Anisa Sala Universitas Indonesia Membangun
  • Detya Wiryany Universitas Indonesia Membangun
  • Ahmad Taufiq Maulana Ramdan Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.450

Keywords:

gaya komunikasi, interaksionisme , simbolik, komunikasi digital

Abstract

Penelitian ini mengkaji gaya komunikasi Reyno Alvaro, seorang kreator konten edukatif di Instagram, dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus serta menggunakan teori interaksionisme simbolik. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi non-partisipatif terhadap konten reels edukatif Reyno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Reyno menggunakan gaya komunikasi simbolik dan reflektif dengan menggabungkan unsur verbal (narasi filosofis, pertanyaan retoris) dan visual (tampilan sederhana, ekspresi wajah) untuk menyampaikan pesan secara efektif. Komunikasinya mendorong terjadinya pembentukan makna secara partisipasi melalui interpretasi audiens. Penelitian ini menyoroti bagaimana konten edukatif digital dapat dikemas secara personal dan bermakna melalui strategi simbolik dan keterlibatan audiens.

References

Agustina, A., Nuraida, & Ningsih, C. (2025). Persepsi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Tahun 2020 Tentang Tren Ikoy-Ikoyan Di Sosial Media Instagram. CONVERSE Journal Communication Science, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/conve rse.v1i4.3825

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Daruhadi, G., & Sopiati, P. (2024). Pengumpulan Data Penelitian. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 5423–5443. https://doi.org/10.56799/jceki.v 3i5.5181

Gogali, V. A., & Tsabit, M. (2021). Personal Branding Konten Kreator Melalui Citra Diri Mahasiswa Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Jeromepolin). Jurnal Media Penyiaran, 1(2), 117–123.

Julianto, B., & Carnarez, T. Y. A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi organisasi professional: kepemimpinan, komunikasi efektif, kinerja, dan efektivitas organisasi (suatu kajian studi literature review ilmu manajemen terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–691.

Julianto, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/histori s.v6i1.4075

Laksmi, I. (2020). Teori interaksionisme simbolik dalam kajian ilmu perpustakaan dan informasi. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 126–127. https://www.researchgate.net/ publication/324490940

Meltareza, R., & Redyanti, C. (2022). The Influence Of Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth And E-Service Quality On Purchase Decisions In Bukalapak Marketplace. Journal of Business and Management Inaba.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Nabilah, F. S., Wiguna, J., Malafitri, N., & Zuhri, S. (2022). Optimalisasi Instagram @Siapdarling sebagai media komunikasi sosial pembangunan untuk mengkampanyekan generasi muda sadar lingkungan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 17–27.

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis konten media sosial Instagram by. u sebagai media penyebaran informasi & komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1.

Nuralim, N., Rizky, M. S., & Aguspriyani, Y. (2023). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dalam Mengatasi Kepercayaan Masyarakat pada Bank Syariah Indonesia. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 3(2), 11–20. https://doi.org/10.8734/musyta ri.v3i2.1636

Prayoga, B., Wiryany, D., & Poedjadi, M. R. (2023). Journal of Business and Management Studies Analysis of Social Media Marketing (SMMas) Strategy in Increasing Brand Awareness and Consumer Purchase Intentions. https://doi.org/10.32996/jbms

Purnamasari, D., & Pratiwi, R. (2023). Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi Akun Instagram @humas_bandung Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Tahun 2022. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(1), 78–85. https://eskripsi.usm.ac.id/detail-G31A-1166.html

Råbu, M., & Binder, P. E. (2025). The Single Case Study is a Crucial Bridge between Research and Practice. Journal of Contemporary Psychotherapy, 55(2), 119–126. https://doi.org/10.1007/s10879-024-09658-2

Ramdan, A. T. M., Tawaqal, R. S., & Meltareza, R. (2022). The Role Of Digital Marketing Communication Of Aromatherapy Alternative Medicine In Increasing Consumer Confidence. Journal of Business and Management Inaba, 1(2), 75–88. https://doi.org/10.56956/jbmi.v1i02.117.

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/tacee e75

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tawaqal, R. S., Ramdan, A. T. M., &Silviany, A. E. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Humas Jabar dalam Penyampaian Informasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi (JIKA), 11(2), 67–77.

Wiryany, D., Maudy, ✉, Poedjadi, R., & Rahmawati, I. (2023). Journal of Business and Management Studies Digital Marketing and Social Media as a Strategy to Increase Brand Awareness: Case Study Increasing the Number of Students on Brand Awareness in Social Media and Digital Marketing Activities in Higher Education X. https://doi.org/10.32996/jbms

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Sala, A., Wiryany, D., & Ramdan, A. T. M. (2025). Studi Kasus Gaya Komunikasi Reyno Alvaro dalam Penyampaian Pesan Edukasi di Instagram. Journal of Digital Communication Science, 3(2), 90–100. https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.450

Most read articles by the same author(s)