Pola Komunikasi Perusahaan Saff & Co dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Melalui Komunitas Saff Multiverse Bandung

Authors

  • Early Rizky Harsono Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.467

Keywords:

komunikasi organisasi, loyalitas pelanggan, komunitas brand

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi yang digunakan oleh perusahaan parfum lokal Saff & Co dalam menjaga loyalitas pelanggan melalui komunitas eksklusif bernama Saff Multiverse Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam terhadap dua anggota aktif komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saff & Co menerapkan pola komunikasi interpersonal dan dialogis yang menciptakan kedekatan emosional dan rasa kepemilikan pada pelanggan. Komunikasi dilakukan melalui media digital informal seperti grup WhatsApp, disertai interaksi personal dan penghargaan terhadap loyalitas anggota. Penelitian ini memperkuat pentingnya strategi komunikasi berbasis komunitas dalam mempertahankan hubungan jangka panjang antara brand dan pelanggan di era digital.

References

Andani, T. (2025). Komunikasi pemasaran CV Herry Motorindo Mandiri Peranap dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan Instagram sebagai social media marketing ER-Corner Boutique dalam membangun brand awareness di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(1). http://www.beritateknologi.com

Fitri, I., & Setiawan, R. (2025). Dinamika internalisasi divisi membentuk modal sosial dalam himpunan mahasiswa pendidikan sosiologi.

Hakim, H. I., Ohorella, N., & Prihantoro, E. (2022). Strategi komunikasi pemasaran Angkringan Khulo melalui media sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802

Hakim, M. N., & Rozi, F. (2024). Strategi manajemen humas dalam meningkatkan animo masyarakat terhadap pendidikan madrasah. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(1), 28–45. https://doi.org/10.30762/joiem.v5i1.2675

Khairani, M., Indra, Y. A., & Hasibuan, R. P. R. (2025). Optimalisasi penguatan kualitas layanan dalam meningkatkan loyalitas konsumen di PT. Sasana Lintas Indo dengan metode PAR.

Limartha, M., & Erdiansyah, R. (2018). Pengaruh brand equity dan product knowledge terhadap minat beli konsumen Komunitas Hello Beauty Jakarta pada produk Wardah.

Mahry, H., Ma’nawiyah, Y., Yulianto, A., Kristiana, A., & Indriyani, A. (2023). Analisis kualitas kemasan, persepsi harga dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada biskuit Oreo. Journal of Management and Social Sciences, 2(4), 302–319. https://doi.org/10.55606/jimas.v2i4.1046

Mirip, R., Suzanna, E., & Dewi, R. (2024). Sense of community pada Papua dalam menumbuhkan motivasi belajar di Universitas Malikussaleh. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 189–201. https://ojs.unimal.ac.id/index.php/jpt/index

Rahmad. (2024). Pola komunikasi RISMA Yayasan Masjid Taqwa dalam pembinaan remaja yang berintegritas di komunitas olahraga panahan Taqwa Horseback Archery Lampung.

Wardani, A., & Boer, K. M. (2025). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awareness pada Forthis House.

Wardani, S. (2023). Strategi komprehensif untuk pencapaian tujuan bisnis dalam bauran komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.56145/ekonomibisnis.v3i1.152

Wirasahidan, J., & Fitriani, D. R. (2019). Brand community: Pola komunikasi komunitas Mifans Depok dalam membangun keutuhan kelompok. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 180. https://doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.180-193

Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena penggunaan media sosial dan pengaruh teman sebaya pada generasi milenial terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275–290. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950

Wulandari, A., & Rahmi, V. A. (2025). Analisis strategi customer relationship management dalam membangun loyalitas pelanggan pada bisnis Dearly Cake. Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 39–49. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1289

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Harsono, E. R. (2025). Pola Komunikasi Perusahaan Saff & Co dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Melalui Komunitas Saff Multiverse Bandung. Journal of Digital Communication Science, 3(2), 110–123. https://doi.org/10.56956/jdcs.v3i2.467

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.