Kegiatan Pembelajaran Keagamaan Pada Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa An-Nuur
DOI:
https://doi.org/10.56956/ijop.v2i2.256Keywords:
Kegiatan Keagamaan, Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa, Intervensi SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan intervensi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, pembelajaran agama yang diberikan pada anak-anak dan kegiatan lain di luar pembelajaran agama pada Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa An-Nuur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta wawancara ke tempat langsung. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pengurus, pengasuh Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa An-Nuur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat intervensi yang dilakukan pemilik Rumah Yatim Piatu dan Dhuafa An-Nuur, terdapat kegiatan keagamaan yang diajarkan kepada anak-anak, terdapat kegiatan di luar keagamaan yang dilakukan disaat tertentu. Dengan hal ini program dapat diukur dari kemajuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an dan menghafal ayat-ayat, sehingga menciptakan dampak positif dalam perkembangan holistik mereka.
References
Abdurrahman, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), h. 35 al-Bahtsu: Vol. 2, No. 2, Desember 2017 231
Afriani, O., Salam, M., & Usmanto, H. (2021). Peran Panti Asuhan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Asuh. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 539-551.
As-Shalih, Subhi, MembahasIlmu-Ilmu Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009), h. 145
Harahap, L. N. H., Anbar, M. F., Purba, P. G., Harahap, K. O. P., & Silalahi, K. M.(2023). Penerapan Hasil Analisis Metode Pekerja Sosial pada Anak Rumah Yatim Medan. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 2(2), 210-216.
Khoirunnisa, S., Ishartono, I., & Resnawaty, R. (2015). Pemenuhan kebutuhan pendidikan anak asuh di panti sosial asuhan anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nafisah, S. J. (2018). Arti Kehidupan Anak Asuh Panti Asuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 33-41.
Rahman, R., & Huraerah, A. (2023). Peran Pengasuh dalam Mengembangkan Minat dan Bakat pada Anak di Yayasan Yatim.
Piatu & Dhuafa Rumah Harapan. Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 5(1).
Sufi, D. K. (2018). Peranan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kabupaten Aceh Singkil dalam Meningkatkan Kemandirian Anak (Doctoral dissertation
Surjastuti, C. S. I. (2012). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Panti Asuhan Anak Telantar di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY).
Susilowati, E. (2020). Praktik pekerjaan sosial dengan anak (1st ed., Issue July). Bandung: Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung.
Wafa, Z. A., Zuhdi, M. N., & Pratisti, W. D. (2016). Kesejahteraan Subjektif Pada Anak Yatim Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Purworejo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Yuliasari, R. N., & Mulyono, S. E. (2015). Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2).